Jakarta (ANTARA) - AC Milan tetap di jalur benar dalam mempertahankan gelar juara Serie A setelah pada Minggu waktu setempat mengalahkan Fiorentina 2-1 berkat gol bunuh diri Nikola Milenkovic.

Tim asuhan Stefano Pioli di ambang masuk jeda Piala Dunia Qatar dengan 10 poin di bawah pemuncak klasemen Napoli setelah Antonin Barak membuat Fiorentina menyamakan kedudukan 1-1 seusai tertinggal akibat gol menit awal Rafael Leao.

Tetapi mereka akhirnya memetik tiga poin setelah Milenkovic memasukkan bola ke gawang sendiri tepat setelah kiper Pietro Terracciano berbenturan dengan Ante Rebic saat berusaha menghalau umpan silang.

Fiorentina memprotes gol itu, sebaliknya penonton tuan rumah yang memadati San Siro bergembira karena gol tersebut membuat Milan terpaut delapan poin dari pemuncak klasemen.

Milan untuk sementara berada pada urutan kedua namun bisa turun ke posisi ketiga jika Lazio mengalahkan Juventus pada laga terakhir Liga Italia selama tahun ini.

Baca juga: Dua gol Dzeko masukkan Inter ke empat besar klasemen Serie A

Dalam laga lainnya antara tuan rumah AS Roma dan Torino, Nemanja Matic menyelamatkan satu poin untuk Roma lewat gol penyama kedudukan pada saat-saat terakhir laga.

Pertandingan berlangsung panas terutama pada periode terakhirnya ketika Roma gagal mengeksekusi penalti dan manajer Jose Mourinho dihukum dengan kartu merah.

Mourinho dikeluarkan dari lapangan semenit sebelum waktu tambahan karena memprotes wasit ketika tim tamu Torino masih memimpin 1-0 lewat Karol Linetty pada menit ke-55 setelah menanduk umpan silang Wilfried Singo.

Matic menyelamatkan satu poin untuk Roma empat menit memasuki waktu tambahan dengan tembakan panjang dari luar kotak penalti.

Roma kini menempati posisi ketujuh dengan 27 poin dari 15 kali bertanding, sedangkan Torino menduduki posisi kesembilan dengan 21 poin.

Baca juga: Drama lima gol warnai kemenangan Napoli atas Udinese

Sementara itu di kandangnya tuan rumah Hellas Verona menyerah 1-2 kepada Spezia meski unggul lebih dulu berkat gol Simone Verdi pada menit ke-30. Namun M'Bala Nzola membawa Spezia berbalik menang lewat dua golnya pada babak kedua, masing-masing pada menit 53 dan 69.

Kemenangan juga dipetik tuan rumah Monza yang mencukur Salernitana 3-0. Mereka sudah unggul 2-0 pada babak pertama berkat gol Carlos Augusto pada menit 24 dan Dany Mota sebelas menit kemudian.

Matteo Pessina menyempurnakan kemenangan Monza dari titik penalti pada menit ke-75 setelah bek tim tamu Antonio Candreva melakukan pelanggaran yang berakhir dengan kartu merah untuknya, demikian AFP dan ESPN.

Baca juga: Pengadilan nyatakan bek Atalanta Palomino bersih dari doping

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022