Jakarta (ANTARA) - Delegasi pertemuan G-20 meminati produk-produk hasil usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif promosikan Bali mewarnai pemberitaan ekonomi kemarin. Simak informasi selengkapnya.

Menparekraf promosikan Bali sebagai destinasi wisata kesehatan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mempromosikan Bali sebagai destinasi wisata kesehatan, salah satunya melalui B20 yang merupakan forum dialog resmi G20 yang mewakili komunitas bisnis global.

Sandiaga berharap perhelatan rangkaian pertemuan G20 yang diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022 bisa mendorong lebih banyak investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, yang ditetapkan sebagai destinasi wisata kesehatan.

“Bali tidak hanya destinasi pariwisata tetapi juga untuk pariwisata berbasis kesehatan, termasuk untuk healing dan perawatan mental health. Ini menurut saya peluang yang besar,” kata Sandiaga yang ditemui usai berbicara di KTT B20 di Nusa Dua, Bali, Minggu.

Bappenas: Blended finance jadi pilar penting pembangunan berkelanjutan

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menyatakan pembiayaan campuran atau blended finance menjadi pilar penting dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Blended finance telah menjadi pilar penting pembiayaan untuk pembangunan berkelanjutan," katanya dalam Tri Hita Karana (THK) Blended Finance Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Minggu.

Sri Mulyani: Dana Pandemi bukti G20 hasilkan aksi konkret untuk dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan Dana Pandemi (Pandemic Fund) merupakan bukti forum G20 mampu menghasilkan aksi konkret yang bermanfaat bagi masyarakat dunia.

Menurut dia, negara-negara khususnya berpendapatan rendah dan menengah dapat menggunakan dana itu untuk meningkatkan kemampuan mencegah dan menanggulangi ancaman pandemi.

"Peluncuran Dana Pandemi merupakan tonggak bersejarah yang penting bagi kita semua. Ini menunjukkan kepada dunia bahwa G20 mampu menghasilkan aksi konkret yang bermanfaat bagi masyarakat dunia," kata Sri Mulyani saat memberi sambutan pada acara peluncuran Dana Pandemi di Nusa Dua, Bali, Minggu.

Mentan: Penguatan pangan berkelanjutan antisipasi krisis dunia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan penguatan promosi sistem pertanian dan pangan yang tangguh dan berkelanjutan merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi krisis dunia.

"Kerja sama dunia dalam menghadapi krisis pangan ini mutlak dilakukan karena tidak ada satu negara yang punya kemampuan sendiri," katanya dalam Global Food Security Forum Presidensi G20 Indonesia di Bali, Minggu.

Delegasi G-20 minati produk aromaterapi UMKM binaan LPEI

Delegasi yang hadir di pertemuan G-20 yang berlangsung sejak 10 November 2022 di Nusa Dua, Bali, meminati produk-produk hasil usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berorientasi ekspor binaan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang ramah lingkungan, di antaranya produk spa, aromaterapi dan makanan.

Produk aromaterapi dan spa yang dihasilkan oleh CV Bali Ayu, pelaku UMKM asal Blahbatu, Bali, banyak diminati oleh para delegasi sebagai salah buah tangan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022