Tokyo--(ANTARA/Business Wire)- Zerobank Design Factory Co., Ltd. (ZDF), anak perusahaan Fukuoka Financial Group, telah mengumumkan akan mulai menawarkan sistem perbankan full-cloud. Sistem ini berdasarkan pada sistem inti yang dikembangkan oleh ZDF dan Accenture untuk Minna Bank. ZDF akan menyediakan sistem full-cloud kepada lembaga keuangan domestik maupun luar negeri dan bisnis non keuangan yang ingin menggunakan layanan perbankan baru. Dengan mempromosikan transformasi digital dalam industri keuangan global, ZDF berupaya mewujudkan misinya, yaitu 'Menyediakan koneksi yang berharga bagi semua orang'.

Logo Zerobank Design Factory

Logo Minna Bank

Ikhtisar Sistem
Dengan sistem full-cloud, perusahaan dapat membangun sistem perbankan dalam waktu singkat sejak awal di cloud, sehingga dengan cepat akan dapat memperluas layanan keuangan yang dioptimalkan bagi setiap pelanggan. Semua layanan dapat dilakukan di smartphone melalui antarmuka pengguna intuitif sehingga sangat mudah membuka rekening, melakukan setoran, mentransfer uang, dan mengajukan pinjaman. Selain itu, sistem ini mencakup mesin analitik yang memungkinkan operator memvisualisasikan proses rekening seperti penyetoran dan penarikan, akrual bunga, dan biaya, agar lebih dapat mempersonalisasi penawaran bagi setiap pelanggan. Layanan digital yang inovatif dan pengalaman baru bagi pelanggan ini akan meningkatkan nilai perusahaan.

Fitur Teknis
Arsitektur sistem memastikan skalabilitas, toleransi kesalahan, dan fleksibilitas dengan menggunakan cloud publik. Aplikasi yang dibangun di atas dapat dikembangkan secara fleksibel karena desainnya mencakup perpaduan fleksibel antara layanan mikro dan arsitektur API. Agar dapat diterapkan tanpa kendala, tersedia pula aset-aset terkait demi efisiensi pengembangan dan pengoperasian, termasuk manajemen jalur dan manajemen aset. Selain itu, platform BaaS, yaitu sistem integrasi API yang memenuhi standar keamanan internasional FAPI, memungkinkan kemudahan integrasi dengan penyedia API dan bisnis mitra yang ingin menciptakan layanan baru. Inisiatif pengembangan sistem ini telah memenangkan hadiah utama di Japan Financial Innovation Award 2020.

Menurut Kenichi Nagayoshi, Direktur dan CEO ZDF dan Minna Bank:
“Minna Bank didirikan di bulan Mei 2021 dan merupakan bank digital pertama di Jepang yang sangat populer di kalangan generasi milenial sasaran. Aplikasinya telah diunduh 1 juta kali dan 400.000 akun dibuka pada tahun pertama. Selama periode ini, kami terus bekerja bersama Accenture untuk memperluas pengetahuan kami tentang sistem, fungsi, dan desain yang diperlukan oleh bank digital dan untuk memperbarui teknologi kami yang sesuai dengannya. Kami yakin, sistem full-cloud adalah solusi bagi banyak tantangan yang dihadapi berbagai perusahaan yang ingin memasuki bisnis perbankan. Dengan berbagi pengalaman kesuksesan kami kepada pelanggan di berbagai industri, kami berharap dapat berkontribusi pada pengembangan perbankan digital di Jepang maupun luar negeri.”

Tentang Zerobank Design Factory (ZDF)

ZDF adalah perusahaan pengembangan sistem yang menciptakan sistem inti Minna Bank, dan merupakan pengembang pertama di Jepang yang membangun sistem perbankan inti di cloud publik. ZDF adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Fukuoka Financial Group.

Tentang Minna Bank

Minna Bank, Ltd. adalah bank digital pertama di Jepang yang mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 28 Mei 2021. Dalam bahasa Jepang, Minna Bank berarti “bank untuk semua orang”. Tujuannya adalah “Menyediakan koneksi yang berharga bagi semua orang.” Minna Bank berusaha menjadi perintis industri jasa keuangan, dengan menciptakan dan menghubungkan ekosistem termasuk konsumen dan pelanggan bisnis serta berbagai komunitas. Minna Bank adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Fukuoka Financial Group. https://corporate.minna-no-ginko.com/information/corporate/2021/01/14/14/?wovn=en

Tentang Fukuoka Financial Group

Fukuoka Financial Group, Inc. (FFG, TOKYO:8354) didirikan pada tahun 2007dan merupakan grup keuangan regional terbesar di Jepang. Jaringan FFG sangat luas dan mencakup seluruh wilayah Kyushu. Saat ini FFG secara aktif berusaha mewujudkan strategi Transformasi Digital (DX). FFG mendirikan Minna Bank, sebuah bank digital pertama di Jepang yang dirancang demikian sejak semula.

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/52967088/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Zerobank Design Factory/Minna Bank
Yumi Imamura

Sumber: Zerobank Design Factory Co., Ltd.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022