Jakarta (ANTARA) - W20 Presidensi Indonesia berharap empat isu utama terkait pemberdayaan perempuan yang telah ditetapkan selama presidensi Indonesia, dapat dilanjutkan pada W20 Presidensi India tahun depan.

"Isu-isu tersebut meliputi menolak diskriminasi dan mendorong kesetaraan gender, UMKM yang dimiliki dan dipimpin oleh perempuan," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga dalam rilis Post Summit Women20 di Jakarta, Senin.

Selain itu, isu respons kesehatan yang mengutamakan kesetaraan gender, serta perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas.

Baca juga: Mitra Seni Indonesia gelar acara seni budaya di Post Summit Event W20

Bintang Puspayoga mengatakan pada isu pertama dan kedua, hal yang ditekankan adalah bagaimana mempromosikan kesetaraan, keamanan, dan kesejahteraan dengan menghapus kebijakan diskriminasi.

Selain itu, dijabarkan juga bagaimana mencapai inklusi ekonomi melalui dukungan terhadap UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan dan pentingnya merangkul interseksionalitas untuk mempercepat kemajuan pemberdayaan perempuan.

Sementara pada isu ketiga dan keempat, W20 Indonesia lebih menekankan kepada respons kesehatan kaum marginal perempuan, khususnya mereka yang berada di daerah pedesaan dan penyandang disabilitas.

Pada isu ini, W20 Indonesia menggambarkan tantangan global terkait pandemi COVID-19 berdampak secara tidak proporsional terhadap perempuan.

"Pandemi sangat berdampak terhadap kesehatan ibu, keluarga, bahkan terhadap pelayanan bagi perempuan korban kekerasan berbasis gender," kata Bintang Puspayoga.

Baca juga: W20: Perempuan berperan besar ciptakan lapangan kerja

Baca juga: W20 momentum promosikan UMKM khas Danau Toba lebih mendunia


Lebih jauh, W20 juga menyoroti respons terhadap kesehatan khususnya yang berkeadilan gender.

Post Summit Women20 (W20) yang digelar pada 13-14 November 2022, di Nusa Dua, Bali menjadi pertemuan terakhir di Indonesia sekaligus menandai berakhirnya tongkat kepemimpinan W20 Indonesia tahun ini, seiring dengan berakhirnya Kepresidenan Indonesia di Forum G20.

India yang akan memimpin G20 di tahun 2023, juga akan memimpin W20 sepanjang tahun depan.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022