Jakarta (ANTARA) - Kulit bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi kulit yang sehat juga dapat merepresentasikan kesehatan tubuh kita dan memiliki peran penting dalam menciptakan kesan pertama terhadap orang lain.

Namun seringkali kita dihadapkan dengan berbagai masalah kulit yang sulit diatasi, salah satunya yang paling umum terjadi yakni timbulnya jerawat pada kulit berminyak.

Faktor penyebab jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni infeksi bakteri Propionibacterium acnes, faktor genetik, lingkungan, hormonal dan gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras, stress, kurang tidur, asupan makanan yang kurang sehat dan lain sebagainya.

Baca juga: Bedak yang disarankan dokter untuk pemilik kulit berjerawat

Baca juga: Lima cara bikin jerawat "kalem" menggunakan kunyit


Setelah mengetahui faktor penyebab jerawat yang dialami, berikut ini ada ragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, seperti tertulis dalam keterangan NourishSkin pada Senin.

1. Rutin membersihkan wajah

Langkah pertama untuk mencegah timbulnya jerawat, khususnya pada kulit wajah yang cenderung berminyak adalah dengan mencuci wajah secara rutin maksimal 2 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah.

Hal ini akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah sekaligus membantu membersihkan pori-pori dari resiko tersumbat akibat pemakaian kosmetik dan kotoran debu yang hinggap saat beraktivitas.

2. Menggunakan obat jerawat

Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, perlu juga kiranya untuk mengaplikasikan obat jerawat dalam bentuk krim, salep ataupun gel yang mengandung, asam salisilat, asam alfa hidroksi, dan sulfur.

Namun jika penggunaan obat jerawat tersebut tidak membuahkan hasil maksimal dapat disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

3. Menerapkan gaya hidup sehat

Banyak diantara kita yang belum menyadari pentingnya menerapkan gaya hidup sehat untuk memperoleh kulit yang sehat. Para ahli setuju bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat, perlu untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, gaya hidup sehat perlu didukung dengan rutin berolahraga, tidak mengkonsumsi minuman keras dan tidak merokok.

4. Mengkonsumsi suplemen atau vitamin

Selain melakukan rangkaian perawatan kulit dari luar, penting juga kiranya untuk melakukan perawatan kulit dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi suplemen. Salah satu suplemen khusus untuk kulit dan solusi perawatan dari dalam untuk kulit berminyak dan berjerawat yakni NourishSkin.

Produk yang telah dipercaya masyarakat sejak tahun 2000 ini memiliki tiga kandungan utama, pertama, Oligomeric proanthocyanidins dilengkapi dengan betakaroten, zinc, selenium, dan teh hijau yang berfungsi sebagai antioksidan untuk memberikan perlindungan kepada kulit terhadap radikal bebas dan mencegah timbulnya jerawat. Kemudian ada pelembab alami seperti Spirulina algae, teh hijau, sarsaparila ditambah vitamin E dan C memberikan kelembaban kulit dari dalam secara terus menerus.

Terakhir ada marine protein dan kolagen yang diperlukan kulit untuk proses regenerasi sel-sel kulit beserta serat kolagen dan elastin pada lapisan dermis kulit, baik untuk mengganti kulit mati secara alami ataupun untuk mempercepat proses regenerasi perbaikan sel sel kulit yang rusak akibat jerawat dan memudarkan bekas jerawat.

NourishSkin bekerja dari dalam tubuh, tidak hanya memberikan manfaat di bagian kulit saja, tapi juga memberikan efek perbaikan pada kulit seluruh tubuh sehingga cocok dikonsumsi wanita dan pria yang mengalami jerawat pada bagian punggung, bahu atau bagian tubuh lainnya.

Melengkapi rangkaian suplemen Nourish Skin pada tahun 2020, maka dikembangkan NourishSkin Glow sebagai solusi perawatan dari dalam untuk kulit kusam. Adapun yang membedakan Nourish Skin Glow dan NourishSkin adalah kandungan Lycopene & L-Glutathione yang berfungsi untuk menekan produksi melanin (pewarna kulit) sehingga kulit terlihat lebih cerah dan glowing. Nourish Skin Glow sudah tersertifikasi Halal MUI dan BPOM.

Baca juga: Wika Salim: Mau makeup rutin perawatan juga harus rutin

Baca juga: Dokter ingatkan kulit berjerawat tetap butuh pelembap


Baca juga: La Roche-Posay perkenalkan analisa kulit berjerawat berbasis AI


Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022