Tangerang (ANTARA) - Banjir yang melanda 16 titik wilayah di Kota Tangerang sejak Ahad malam hingga kini mulai berangsur surut setelah dilakukan penyedotan dan dibukanya pintu air.

BPBD Kota Tangerang mencatat wilayah yang terdapat banjir yakni Kecamatan Periuk, Kecamatan Cibodas, dan Kecamatan Jatiuwung. Pagi ini, BPBD mendata tinggal delapan titik dan sorenya terus menurun.

"Di Kecamatan Periuk, ada dua titik di Kelurahan Gembor dan posisinya sekarang sudah surut hanya genangan sedikit. Di Kelurahan Gebang Raya ada empat titik, dan terakhir di Kelurahan Sangiang Jaya ada tiga titik. Statusnya, saat ini sudah mulai surut tetapi belum kering sekali," ungkap Camat Periuk, Nanang Kosim dalam keterangannya di Tangerang, Senin

Sementara itu, Camat Cibodas, Buceu Gartina mengatakan bahwa di wilayah Kecamatan Cibodas juga mulai berangsur surut. Bantuan makanan sudah mulai diberikan dan posko pengungsian pun disiapkan.

Baca juga: Jasamarga akan pasang tanggul beton di ruas Tol Jakarta-Tangerang

Baca juga: Pemkot Tangerang operasikan empat pompa atasi banjir di Periuk


"Kami sudah menyiapkan dapur umum sejak kemarin untuk memberikan bantuan makanan kepada masyarakat. Selain itu, ada juga bantuan makanan dari beberapa OPD lain sebanyak 1.200 paket yang sudah kami terima dan kami berikan kepada masyarakat yang terdampak. Kami juga menyiapkan posko pengungsian sebanyak empat titik. Di Kelurahan Uwung Jaya di RW 16, RW 08, dan RW 05. Di Kelurahan Cibodas, di RW 08," ujarnya.

Lalu, Sekretaris Camat Jatiuwung, Mulyani juga menerangkan bahwa seluruh wilayah di Kecamatan Jatiuwung sudah surut dan sudah dapat diakses. Ia pun mengimbau kepada masyarakat, untuk berhati-hati saat cuaca ekstrem ini dan menyimpan barang berharga di tempat yang aman.

"Untuk Kecamatan Jatiuwung, ada beberapa titik banjir tetapi tidak begitu lama. Begitu hujan reda, tidak lama setelah itu langsung surut. Untuk masyarakat Kota Tangerang, diimbau untuk berhati-hati saat cuaca ekstrem ini karena berpotensi banjir. Maka dari itu, harap juga menyimpan barang-barang berharga di tempat yang aman," kata dia.*

Baca juga: BPBD: 4.751 keluarga di Kabupaten Tangerang terdampak banjir

Baca juga: BPBD catat empat kecamatan di Tangerang terdampak banjir

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022