Jakarta (ANTARA) - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) lewat Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menilai kesuksesan Motul World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 11-13 November merupakan bukti Indonesia siap menggelar event kelas dunia.

Motul WSBK Mandalika 2022 merupakan pelaksanaan musim kedua di lintasan balap yang mempunyai nama resmi Pertamina Mandalika International Circuit itu. Pelaksanaannya sendiri terbilang berjalan tanpa gangguan yang berarti.

'Sebagai promotor dan penyelenggara, kami juga bangga karena WSBK Mandalika 2022 merupakan race bersejarah karena melahirkan juara dunia baru, menghadirkan race ke-900 WSBK serta bisa mencetak rekor," kata Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka.

Baca juga: Menparekraf: WSBK dan MotoGP berikan dampak peningkatan ekonomi

Beberapa rekor yang tercipta di Sirkuit Mandalika adalah bisa melahirkan tiga juara dunia dalam dua musim balapan yakin dua kali juara dunia WSBK lewat Toprak Razgatlioglu pada 2021 dan Alvaro Bautista pada 2022. Satu juara dunia lagi adalah WSSP lewat Dominique Aegerter pada 2022.

Tidak hanya itu, rekor juga terjadi pada Idemitsu Asian Talent Cup (IATC). Pebalap muda Indonesia Veda Ega Pratama sukses menyapu bersih dua balapan yang cukup menegangkan itu. Secara umum pebalap tuan rumah ini finis ketiga klasemen akhir.

"Bukan hanya sebagai tuan rumah, tapi Indonesia juga memiliki begitu banyak potensi untuk bersaing di tingkat dunia, seperti yang ditunjukkan oleh pebalap muda Veda Ega Pratama," kata Troy menambahkan.

Pada WSBK Mandalika 2022 juga pula rekor jumlah penonton yang mencapai 51.629 orang dalam tiga hari balapan. Begitu juga dengan pengenalan budaya dan wisata yang digalakkan selama kejuaraan bergengsi ini berlangsung.

Baca juga: Veda Ega Pratama menangkan Race 2 IATC 2022 di Sirkuit Mandalika

"Ini merupakan tujuan kita bahwa selain menggelar balapan, kita juga berkomitmen untuk mempromosikan NTB dan Indonesia ke khalayak dunia sehingga keuntungan yang diperoleh tidak hanya dinikmati saat balapan berlangsung tapi juga akan berlangsung dalam jangka panjang dalam bentuk peningkatan kunjungan ke NTB dan Mandalika.” kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kegembiraannya atas kesuksesan WSBK Mandalika 2022. Rekor jumlah penonton yang tercipta merupakan pembuktian banyak hal positif atas Sirkuit Mandalika, BUMN yang terlibat di dalamnya, serta Indonesia.

"Tingginya jumlah penonton menunjukkan antusiasme publik terhadap gelaran dunia ini, juga kepercayaan terhadap keamanan serta kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika. Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK. Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," kata Erick dalam keterangan resminya.

Erick juga menggarisbawahi bahwa suksesnya pelaksanaan kejuaraan dunia setinggi WSBK merupakan hasil kolaborasi banyak pihak, termasuk BUMN yang turut terlibat. Selain itu, para pebalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK,WSPP, dan IATC dapat menjadi duta Indonesia dimata dunia, termasuk mempromosikan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Indonesia.

Baca juga: Veda Ega Pratama menangkan Race 2 IATC 2022 di Sirkuit Mandalika

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022