Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri upacara penutupan Business 20 atau B20 Summit 2022 yang menjadi salah satu main kegiatan dari rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, kehadiran Puan disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua I Bidang Sherpa Track G20 Indonesia. B20 adalah forum dialog resmi yang menjadi bagian dari KTT G20 di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa.

Sebelum acara dimulai, Puan sempat berbincang dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau. Kepada Puan, Justin Trudeau menyampaikan apresiasi untuk Indonesia sebagai Presidensi G20.

“Terima kasih kepada Bapak Justin Trudeau. Walaupun jadwal padat, namun menyempatkan hadir dan memberi dukungan bagi Indonesia di B20 dan G20,” kata Puan membalas apresiasi dari Justin Trudeau.

Sebagai salah satu forum utama KTT G20, B20 mewakili kepentingan komunitas bisnis global dalam menyusun rekomendasi kebijakan untuk mendukung proses penyusunan kebijakan G20. Nantinya rangkaian acara B20 Summit Indonesia dihadiri banyak sosok yang prestasinya mendunia.

Baca juga: Duta UN Women garisbawahi pentingnya peran perempuan dalam perawatan

B20 Summit juga diisi oleh sejumlah kepala negara, pimpinan organisasi global, dan tokoh bisnis dunia yang berpartisipasi sebagai pembicara. Forum ini menghadirkan pandangan umum dari komunitas bisnis internasional mulai dari bidang pemerintahan, perbankan, telekomunikasi, keuangan, farmasi, retail, hingga teknologi.

Aktris Hollywood Anne Hathaway selaku Duta Perempuan PBB dan CEO Tesla, Elon Musk turut mengisi forum diskusi di B20 meski secara virtual. B20 Summit bertujuan merumuskan rekomendasi dan menetapkan komitmen para pemimpin bisnis dan organisasi bisnis untuk menangani permasalahan saat ini.

Dalam salah satu rangkaian acara B20 Summit Indonesia, Puan berkesempatan bertemu dengan eksekutif pendiri bursa mata uang kripto terbesar di dunia, Changpeng Zhao. Changpeng Zhao merupakan founder dan CEO Binance.

Puan berharap, pengalaman dan ilmu yang dibagikan para pakar komunitas bisnis internasional dapat dimanfaatkan secara optimal, khususnya oleh generasi muda Indonesia.

“Masukan-masukan dari para pelaku bisnis global penting bagi rekomendasi-rekomendasi dan action plan (rencana aksi) G20. Apalagi negara-negara global tengah menghadapi ancaman resesi,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

B20 Summit Indonesia dihadiri lebih dari 1.500 orang yang terdiri atas delegasi bisnis top, baik dari dalam dan luar negeri. Nantinya, rekomendasi dari B20 akan disampaikan kepada Indonesia sebagai tuan rumah atau Presidensi G20 untuk kemudian diperhitungkan dalam kesimpulan akhir KTT G20.

“Dunia usaha, pelaku bisnis, dan pemerintah harus bahu membahu menghadapi ancaman krisis ekonomi, kemudian memitigasi dan mencari jalan keluarnya,” tutur Puan.

Baca juga: Presiden Jokowi menghadiri pertemuan pebisnis Indonesia-Korsel
Baca juga: Bahlil terima lima bus listrik Foxconn-Indika untuk dukung KTT G20
Baca juga: KTT B20 hasilkan komunike dan 25 rekomendasi kebijakan

Pewarta: Fauzi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022