Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Armada Republik Indonesia, Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, mengunjungi kapal rumah sakit Angkatan Laut China, Ark Peace-866, yang bersandar di dermaga JICT, Jakarta, Senin.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, kunjungan dia dan rombongan diawali dengan menyaksikan video dokumentasi kegiatan Ark Peace-866 sejak 2010 sampai 2022 sebagai kapal Bahtera Perdamaian dalam rangka misi harmoni kemanusiaan dan perdamaian.

Selanjutnya dengan dipandu beberapa petugas dari Ark Peace-866, Kusmanto meninjau beberapa ruangan dan peralatan medis sekaligus berdialog dengan beberapa petugas medis di kapal rumah sakit tersebut. Kunjungan pun diakhiri dengan penyampaian pesan dan kesan serta plakat.

Saat melaksanakan kunjungannya dia didampingi kepala Dinas Kesehatan Komando Armada RI, asisten Intelijen Panglima Komando Armada, asisten Potensi Maririm Panglima Komando Armada, wakil kepala Pusat Kesehatan TNI, dan pejabat Kementerian Kesehatan, 

Sementara itu disambut antara lain oleh Komandan Misi Harmoni 2022, Laksamana Muda Qiu Wensheng, dan koleganya, Laksamana Muda  Jiao Zhanfeng, Deputi Biro Kesehatan Angkatan Laut China, Kapten Senior (di atas kolonel) Zhang Congxin, dan Komandan Ark Peace-866, Kapten (setara kolonel) Deng Qiang.

Kehadiran kapal China di Teluk Jakarta dalam rangka pengobatan, dan singgah di Indonesia pada 10-18 November. Hal itu merupakan misi kemanusiaan Peace Ark-866 ke luar negeri yang ke-10 setelah sebelumnya pada 2013 melakukan kunjungan ke Indonesia.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022