Jakarta (ANTARA) - Tim Red Bull Racing diharapkan bisa mengawal pebalapnya yakni Sergio Perez untuk finis di urutan dua klasemen akhir Formula 1 setelah tampil kurang memuaskan pada Grand Prix (GP)Sao Paulo, Autodromo Jose Carlos Pace, Interlagos, Brazil, Minggu waktu setempat.

"Tugas terakhir adalah membawa Sergio Perez mengamankan posisi dua karena Juara Dunia Formula 1 2022 sudah dipertahankan oleh Max Verstappen," kata Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Sri Adinegara selaku salah satu sponsor dalam keterangan resminya, Selasa.

"Tim harus bekerja sama dengan solid di balapan terakhir pekan depan, karena ini merupakan langkah untuk menyempurnakan kemenangan di musim 2022.” katanya menambahkan.

Balapan jet darat tinggal menyisakan satu seri saja yakni GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, 20 November nanti. Pada laga pamungkas ini jelas bakal menyajikan persaingan ketat untuk menduduki posisi kedua klasemen umum.

Saat ini posisi dua klasemen Formula 1 ditempati oleh Charles Leclerc dari Ferrari yang finis keempat di GP Sao Paulo. Sedangkan balapan sendiri dikuasai duet Mercedes George Russell dan Lewis Hamilton yang finis satu dua dan Carles Sainz di tim Ferrari di posisi tiga.

Sergio Perez saat itu finis ketujuh di belakang sang juara dunia yang juga rekan satu timnya, Max Verstappen. Dengan hasil tersebut, Perez mengemas 290 poin sama dengan Charles Leclerc dan Perez saat ini harus puas berada di posisi tiga klasemen umum.

Baca juga: Perez pertahankan status juara GP Singapura setelah diganjar penalti

Pada GP Sao Paulo bisa dikatakan sebagai hasil yang kurang memuaskan bagi tim Red Bull Racing. Apalagi kendaraannya, R18 dinilai tidak bisa dimaksimalkan pada pebalap di sirkuit sepanjang 4.309 meter itu. Bahkan Verstappen terken penalti.

'Mobil tidak bisa kencang, kami terlalu banyak sliding dan kehilangan kemampuan, sehingga sangat sulit menyalip pembalap lain.” kata Verstappen yang finis keenam di Brazil.

Menyikapi target Sergiplo Perez yang diharapkan mengamankan posisi dua Juara Dunia Formula 1 musim 2022, Max Verstappen sudah mengambil sikap akan sepenuhnya membantu di Abu Dhabi sebagai seri pamungkas

"Kami sudah berdiskusi sebagai tim. Bila dia membutuhkan bantuan dan kesempatan membantunya di Abu Dhabi, saya akan sepenuhnya membantu. Kami berjuang raih posisi satu dan dua. Kita akan bekerja keras untuk meraihnya,” tegas pebalap bernomor 1 ini.

Sementara itu Sergio Perez yang finis posisi tujuh mengakui sangat terkejut dengan performa RB18 tidak bisa kencang dengan ban medium, bahkan juga kompon lunak. Namun, pebalap Meksiko itu bertekad tampil apik di seri pamungkas.

"Kami berharap bisa kembali ke performa seperti biasanya pada pekan depan di Abu Dhabi. Kecewa dengan apa yang terjadi antara Max dan saya. Hal ini perlu kita diskusikan internal, kita akan terus bekerja sama sebagai tim. Saya yakin bila saya perlu dukungan di Abu Dhabi, itu tentu akan berbeda dan ke depan kami akan selalu mengutamakan tim,” katanya.

Baca juga: Pebalap Red Bull naik podium ganda di kampung Sergio Perez
Baca juga: Tim milik Sergio Perez ramaikan balap powerboat listrik tahun depan

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022