Kupang (ANTARA) - Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika Serikat ditemukan meninggal saat berwisata di wilayah perairan laut Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

"Benar, ada wisatawan asal Amerika yang meninggal diduga karena tenggelam saat melakukan diving," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur Eduardo J Fernandes ketika dikonfirmasi dari Kupang, Selasa.

Ia mengatakan WNA bernama Caleb Dan (37) ditemukan meninggal saat berwisata bahari bersama sejumlah rekannya di perairan sekitar Pulau Solor, Flores Timur pada Senin (14/11).

Caleb bersama rekannya sebelumnya menumpangi kapal wisata jenis pinisi yang berlayar dengan rute Kupang-Ende namun dalam perjalanan mereka singgah untuk berwisata menyelam di Flores Timur.

"Jadi kemungkinan besar yang bersangkutan meninggal karena tenggelam saat menyelam di laut," katanya.

Eduardo mengatakan WNA tersebut ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dan telah dievakuasi ke Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hendrikus Fernandes.

"Jenazah sudah dibawa ke Larantuka, sudah dalam penanganan pihak kepolisian di Flores Timur," katanya.

Eduardo menambahkan pihaknya tengah memeriksa lebih lanjut mengenai kondisi jenasah WNA tersebut dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan selanjutnya.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan WNA Jerman terseret ombak di Pantai Seminyak

Baca juga: 2 wisman meninggal di perairan Devil Tear Nusa Penida

Baca juga: Perahu wisata ditumpangi wisman asal Kolombia tenggelam di Kalteng

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022