Labuan Bajo (ANTARA) - Anggota Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur siap mengamankan kunjungan para delegasi dan pimpinan negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali yang hendak melakukan aktivitas di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

"Kami telah menyiapkan 400 pasukan sebagai bentuk antisipasi pengamanan apabila para delegasi berkeinginan mengunjungi Labuan Bajo," kata Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Widoni Fedri di Labuan Bajo, Selasa.

Sebanyak 400 pasukan yang disiapkan untuk pengamanan terdiri dari para anggota Polres Manggarai Barat, Polres tetangga, Brimob, Satpolair, Basarnas, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya.

Widoni mengatakan Labuan Bajo memang disiapkan menjadi salah satu daerah yang bisa dikunjungi oleh para delegasi usai melaksanakan pertemuan G20 di Bali.

Oleh karena itu, sebagai bentuk antisipasi dalam menjamin keselamatan para delegasi, Polda NTT menyiapkan para pasukan dengan segenap rencana pengamanan.

Nantinya para anggota polisi terbagi dalam pengamanan pada beberapa titik.

Dia mengatakan para tamu VVIP akan dijaga ketat dengan anggota Brimob bersenjata lengkap, termasuk oleh Polairud. Pengamanan ini pun dilakukan mulai dari kedatangan di bandara, penginapan, hingga selama beraktivitas baik di Pulau Komodo atau Pulau Rinca yang menjadi daya tarik utama dunia internasional.

Dia memastikan pengamanan dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi para tamu penting yang berkunjung ke Labuan Bajo.

"Kita berharap mereka nyaman dan aman melakukan aktivitas dan memutuskan untuk kembali lagi ke sini sehingga PAD Manggarai Barat pun bisa meningkat," katanya berharap optimis.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022