Dengan adanya sejumlah inisiatif yang disepakati ini, diharapkan bisa meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia serta meningkatkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu Senator asal Negeri Sarawak, Malaysia, Jaziri Alkaf Abdillah Suffian, untuk membahas sejumlah inisiatif yang akan dikembangkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Dua inisiatif yang dibicarakan mencakup ekspor produk-produk ekonomi kreatif seperti musik dan tenun, dan peningkatan jumlah penerbangan ke Jakarta maupun ke sejumlah destinasi lain seperti Bali.

“Malaysia merupakan salah satu negara yang menyumbang banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Dengan adanya sejumlah inisiatif yang disepakati ini, diharapkan bisa meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia serta meningkatkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia,” ungkap dia lewat keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, banyak wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia untuk berwisata kuliner. Hal itu menunjukkan bahwa pasar Malaysia sangat mengapresiasi produk-produk kuliner tanah air.

Lebih lanjut, adanya Malaysia-Indonesia Business Council (MIBC) diharapkan mampu meningkatkan hubungan bisnis antar kedua negara tersebut, terutama di sektor parekraf yang mencakup sub sektor kuliner, musik, dan kriya.

“Indonesia dan Malaysia berkolaborasi untuk memperkuat kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam upaya membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha serta lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Menparekraf.

Dalam kesempatan yang sama, Jaziri Alkaf Abdillah Suffian mengharapkan sejumlah inisiatif yang disepakati antara kedua belah negara bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia dan Malaysia.

"Jadi dengan adanya inisiatif-inisiatif baru ini bisa mendatangkan manfaat bagi kedua negara," ujar Jaziri yang juga menjabat sebagai Ketua MIBC.


Baca juga: Wisatawan Indonesia jadi target pengunjung The Top Penang di Malaysia
Baca juga: Kemenparekraf resmikan dua gerai kuliner Indonesia di Malaysia
Baca juga: Menparekraf tawarkan delegasi B20 berwisata di luar Bali selatan


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022