Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja resmi merilis Toyota bZ4X untuk pasar Indonesia, dengan memasang banderol untuk SUV ini Rp1 miliar lebih. Mestinya, harga tersebut sebanding dengan apa yang ada di dalam kendaraan termasuk dengan hadirnya fitur berlimpah.

Pada uji coba yang dilakukan di sekitaran BSD City, Tangerang Selatan, pada Selasa, ANTARA diberikan kesempatan untuk merasakan langsung kehebatan dan juga kenyamanan dari Toyota bZ4X selama kurang lebih 1 jam lamanya.

Dalam kesempatan ini, terdapat salah satu fitur yang menarik perhatian yaitu Advance Park yang dioperasikan via tombol bersimbul "P" yang berada di bawah head unit. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memercayakan bZ4X secara otomatis mencari dan memarkir sendiri.

Baca juga: Toyota luncurkan bZ4X dengan harga mencapai Rp1 miliar lebih

ANTARA pun kemudian mencoba fitur cerdas yang belum banyak tersedia di mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia dan bahkan hanya ada di Toyota bZ4X yang harga off the road-nya di Jakarta Rp1,190 miliar.

Dengan hanya satu sentuhan saja, mobil ini akan memarkir sendiri sesuai dengan lokasi yang kita minati dengan sangat presisi.

"Kita hanya tinggal pilih saja mau parkir yang di mana, ini kan ada dua slot parkir yang kosong. Nanti dia akan sendirinya parkir," kata staf yang mendampingi ANTARA dalam mencoba bZ4X.
 
Toyota bZ4X yang baru saja meluncur di pasar otomotif Indonesia. (ANTARA/Chairul Rohman)

Cara kerja fitur ini juga sangat mudah, pertama-tama pengendara kendaraan bZ4X terlebih dahulu memastikan lokasi parkir yang diinginkan. Setelah mendapat parkir yang diinginkan, pemilik hanya tinggal memencet tombol yang berada di bawah layar head unit atau berada di sebelah kiri dari roda kemudi.

Misal ada dua pilihan slot parkir yang kosong, maka akan muncul dua pilihan yang bisa dipilih oleh pengendara untuk memarkirkan kendaraan mereka. Meski begitu, pengawasan dari pengendara juga masih harus dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selama uji coba ini, parkir otomatis itu berjalan dengan sempurna.

Baca juga: Alasan Toyota banderol bZ4X Rp1 miliar lebih
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022