Saya bisa melihat bahwa Indonesia tumbuh sangat cepat
Badung, Bali (ANTARA) - Mahasiswa hingga delegasi asing mengaku takjub melihat pameran teknologi Digital Transformation Expo (DTE) yang digelar sebagai side event pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali.

Salah satunya diungkapkan oleh mahasiswi Universitas Udayana, Tria. Dia menyebut bahwa pameran yang dihadirkan Kementerian Komunikasi dan Informatika itu menampilkan pengalaman audio visual yang luar biasa.

"Di Digital Transformation Expo itu sangat menarik banget ya dan itu canggih banget di dalamnya," ujar Eliora di pameran Digital Transformation Expo di Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, Senin (14/11).

Eliora mengatakan, terdapat berbagai interaksi menarik yang dia rasakan selama berada di dalam pameran, seperti melintasi area Thunnel of Wonders yang menampilkan pesona kekayaan alam Indonesia.

Baca juga: Bahaso hadirkan MetaHuman avatar Menkominfo di pembukaan DTE G20

Lalu melihat perkembangan transformasi digital di Indonesia di area Digital Archipelago, "bermain" bersama kunang-kunang di area The Trail of Digital Metamorphosis, hingga menjajal teknologi metaverse dan augmented reality di Metaverse Corner.

"Pengalaman yang paling menarik itu adalah adanya teknologi (sensor) yang membuat ada kunang-kunang di layar yang mengikuti saat kita berjalan, itu menarik banget," ucap dia.

Sementara itu, mahasiswi dari Universitas Udayana lainnya, Tria, mengaku senang merasakan keseruan di dalam Digital Transformation Expo. Dirinya bisa mendapat berbagai informasi mengenai perkembangan transformasi digital di Indonesia melalui audio visual yang dikemas secara menarik.

Selain itu, dirinya juga bisa berfoto ria lantaran di tiap-tiap area memiliki latar visual yang sangat indah dan menarik.

"Ini instagramable banget. Di dalam itu aku kayak masuk ke dunia lain. Banyak cermin, banyak cahaya dan ada beberapa layar besar itu benar-benar menarik," kata dia.

Selain mahasiswa, sejumlah delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 juga mengungkapkan kekagumannya setelah mengunjungi pameran yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika itu.

Seperti yang disampaikan delegasi wanita asal Vietnam, Minh Hoang. Dia mengatakan Digital Transformation Expo memberikan pengalaman yang menarik lewat berbagai interaksi dan informasi yang disajikan.

Baca juga: Pameran Digital Transformation Expo dapat antusias tinggi pengunjung

Dari seluruh area yang terdapat di dalam pameran itu, Minh Hoang mengaku paling menyukai area The Digital Archipelago lantaran terdapat banyak informasi mengenai perkembangan transformasi digital di Tanah Air.

"Saya suka semua yang ditunjukkan, terutama layar besar yang menampilkan informasi mengenai perkembangan tranformasi digital di Indonesia. Saya bisa melihat bahwa Indonesia tumbuh sangat cepat dan saya percaya Indonesia bisa semakin berkembang di masa depan," ujar dia.

Hal senada disampaikan oleh delegasi asal Australia Joanna Vogeley. Menurut dia, Digital Transformation Expo memberikan pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan.

Dirinya mengapresiasi aspek pengenalan budaya maupun informasi tentang perkembangan transformasi digital di Indonesia yang disajikan secara menarik dalam pameran. Dia juga menyukai suguhan teknologi metaverse yang terdapat dalam Metaverse Corner.

"Kita tahu metaverse adalah masa depan. Pengalaman metaverse ini sangat menjanjikan dan benar-benar memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam dunia baru," ucap Joanna.

Digital Transformation Expo merupakan pameran teknologi yang dihadirkan Kemenkominfo sebagai side event pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Kegiatan yang dibuka untuk umum tersebut digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Pecatu Hall 3 dan 5, Badung, Bali, sejak 13 hingga 17 November 2022.

Digital Transformation Expo dihelat sebagai ajang unjuk gigi bagi Indonesia, negara anggota G20 lainnya, serta negara undangan untuk memperlihatkan teknologi termutakhir di tengah transformasi digital global masa kini.

Baca juga: Kemenkominfo: DTE wujud transformasi digital Indonesia tak tertinggal

Baca juga: DTE G20 tampilkan empat pilar transformasi digital Indonesia

Baca juga: Kemenkominfo siapkan pameran Digital Transformation Expo di KTT G20

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022