Politik yang gembira perlu dilandasi dengan semangat menghormati martabat orang lain.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Relawan Pendekar Indonesia Hendrawan Saragi menyampaikan ada tujuh prinsip agar berpolitik bisa dilakukan dengan gembira dan indah.
 
"Pertama, menjaga dan bertanggung jawab atas martabat manusia. Martabat bukan diberikan oleh politisi, tapi oleh Sang Khalik. Martabat merupakan harga diri setiap orang yang layak dihormati,” kata Hendrawan Saragi dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa.
 
Jadi bagi Saragi, politik yang gembira perlu dilandasi dengan semangat menghormati martabat orang lain.
 
Prinsip kedua, kata dia, bekerja keras dan cerdas. Hasil kerja keras dan cerdas dapat membuka banyak kesempatan dan kebahagiaan.
 
Saragi mengatakan bekerja adalah salah satu natur yang dimiliki manusia. Oleh karena itu, kata dia, perlu setiap individu mencintai pekerjaannya dan membuka banyak kesempatan dan potensi kebahagiaan.
 
"Ketiga, jangan merusak kegembiraan orang lain. Setiap orang hendaknya memiliki hobi dan kesenangan yang wajar serta tidak mengganggu orang lain," ujarnya lagi.
 
Berikutnya, prinsip keempat, kata dia, tidak takut tertawa meskipun dalam hidup setiap orang bisa beruntung maupun mengalami kerugian.
 
Kelima, menurut Saragi, perlunya semangat belajar dari siapa pun, bekerja sama, dan jangan menjelekkan orang lain karena perbedaan.
 
"Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan belajar dengan cepat. Mau menerima umpan balik dari orang lain, sehingga menjadi lebih mengetahui kebutuhan orang banyak dan permintaan pasar," ujarnya pula.
 
Keenam, kata dia, menyempatkan diri merenung setiap pagi. Waktu luang untuk merenung adalah bagian penting dari kehidupan yang baik.
 
"Duduk saat sarapan sambil merenung, minum minuman yang disukai, tidak terburu-buru, ini merupakan hal yang diperlukan untuk membebaskan pikiran. Tidak terjatuh dalam keadaan selalu terburu-buru," kata dia.
 
Ketujuh, menurut dia, pentingnya tentang persahabatan dan rasa menghargai. Dengan tujuh prinsip tersebut, menurut dia, tentunya jika diterapkan dalam berpolitik, maka akan menghasilkan politik dengan kegembiraan dan keindahan.
Baca juga: Pendekar Indonesia: Perjuangan bangsa punya makna yang dalam
Baca juga: Relawan Pendekar Indonesia bertekad mempercantik bangsa lewat politik

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022