Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial berupa ratusan hewan ternak dan modal usaha kepada sejumlah keluarga penerima manfaat di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

"Bantuan ratusan hewan ternak tersebut di antaranya ayam, bebek, dan kambing. Selain hewan ternak, Kemensos juga menyalurkan modal usaha," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur Elfiandi di Aceh Timur, Selasa.

Ia mengatakan keluarga penerima manfaat yang menerima bantuan tersebut berada di Gampong Seuneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur.

Baca juga: Pemkab Aceh Utara anggarkan Rp3,1 miliar untuk bantuan sosial

Penyaluran bantuan tersebut, kata Elfiandi, berdasarkan usulan masyarakat melalui kepala desa dan direkomendasi pihak kecamatan serta Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur kepada Menteri Sosial.

"Sebelum bantuan sosial disalurkan, penerima bantuan diverifikasi dan menjalani asesmen oleh tim Kemensos. Hal itu untuk memastikan penerima bantuan benar-benar mereka yang layak serta kebutuhan bantuan benar-benar terpenuhi," katanya.

Baca juga: Mensos serahkan bantuan bagi pasien dan penyandang disabilitas di Aceh

Elfiandi mengatakan masing-masing keluarga penerima manfaat menerima bantuan 53 ayam dan 53 bebek. Sedangkan keluarga penerima manfaat yang menerima kambing masing-masing lima ekor.

"Untuk bantuan ayam dan bebek ada beberapa keluarga penerima manfaat. Sedangkan kambing, hanya tiga keluarga penerima manfaat," kata Elfiandi menyebutkan.

Selain hewan ternak, kata dia, Kemensos juga menyalurkan bantuan modal usaha kepada warga yang berjualan di kios dengan menjual jajanan anak-anak serta makanan dan minuman ringan.

Baca juga: Polda Aceh salurkan 10 ribu paket bantuan sosial

"Bantuan Kemensos diserahkan tim Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan Kewirausahaan Sosial Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial," kata Elfiandi .

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022