Jakarta (ANTARA) - Vaseline, jenama produk perawatan kulit, menggandeng Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) Cabang Jakarta menciptakan kemitraan khusus untuk memberi edukasi kepada masyarakat soal kesehatan kulit.

Baca juga: Ganteng versi NOAH

Edukasi yang diberikan bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat menjaga kulit tidak hanya wajah tapi juga tubuh tetap sehat serta sejalan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

"Tren skincare memang meningkat tapi masih didominasi skincare wajah. Padahal skincare untuk tubuh juga tidak kalah penting. Jadi kita kolaborasi dengan PERDOSKI sebagai ahli yang memang tahu luar dalam soal kulit untuk mengedukasi masyarakat," kata Senior Brand Manager Vaseline Esa Mahira Arman di Jakarta, Selasa.

Pemberian edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan kulit itu salah satunya melalui kegiatan diskusi bersama media membahas bahaya sinar UV terhadap kesehatan kulit.

Ketua PERDOSKI Cabang Jakarta dr.Danang Triwahyudi Sp.KK(K) menjelaskan setidaknya ada tiga efek buruk dari sinar UV terhadap kesehatan kulit jika masyarakat tidak memakai pelindung berupa tabir surya.

Dimulai dari imunosupresi atau menurunnya imun tubuh, lalu ada juga efek photoaging atau penuaan kulit akibat paparan sinar UV, lalu efek sun tan dan sun burn atau dikenal juga dengan istilah penggelapan warna kulit serta kulit terbakar.

Serta efek paling bahaya yaitu memicu sel-sel kanker pada kulit atau fotokarsinogenesis.

Untuk mencegah efek-efek buruk itu Danang menyarankan cara paling mudah yaitu mengajak masyarakat rajin menggunakan pelindung berupa tabir surya agar kesehatan kulit bisa tetap prima.

Melengkapi sesi edukasi itu, Vaseline kembali meluncurkan produknya yang bernama UV Extra Brightening Hand and Body Lotion sebagai salah satu produk yang melindungi dan menjaga kesehatan kulit masyarakat Indonesia.

Memiliki bahan-bahan yang menyehatkan kulit seperti vaseline jelly dan vitamin B3 termasuk di dalamnya niacinamide.

Produk itu semakin lengkap dengan teknologi GlutaGlow yang dapat memberikan perlindungan terhadap radikal bebas dengan kekuatan sepuluh kali antioksidan.

Selain itu ada juga manfaat Triple UV Filter untuk perlindungan ekstra terhadap UV A dan UV B.



Baca juga: Pasien vitiligo boleh divaksin COVID-19?

Baca juga: Kongres Perdoski tekankan sikap adaptif dokter hadapi pandemi

Baca juga: Dokter: Luka bakar perlu dikenali demi penanganan tepat

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022