tanamkan dulu kebiasaan membaca
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan meningkatkan literasi warga setempat lewat perpustakaan keliling berupa motor atau mobil pustaka (Moka) ke sekolah secara langsung atau lokasi tertentu.

"Perpus (perpustakaan) keliling itu layanan dari kami dengan tujuan untuk menjangkau area yang jauh dari lokasi Perpustakaan Umum Jakarta Selatan dengan kita datangi langsung," kata Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ibu Evita Dwi Saiverda di Jakarta, Selasa.

Evita mengatakan saat ini pihaknya telah memiliki armada "Moka" berupa 11 mobil dan dua motor yang bertugas langsung mendatangi setiap sekolah maupun lokasi yang ditentukan sesuai permintaan.

Dalam "Moka" tersebut, ada koleksi berjumlah 700 hingga 1.000 buku yang menyajikan buku anak, novel, keterampilan, budi daya, resep masakan, kesehatan, motivasi, sampai buku braille untuk tuna netra.

Moka menjangkau berbagai titik layanan di antaranya sekolah, kelurahan, gelanggang olah raga (GOR), taman, sekretariat RW dan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada Senin-Kamis dan Sabtu-Minggu.

Baca juga: SMPN 209 Jaktim sambut baik program perpustakaan keliling

Layanan gratis ini secara rutin dilakukan dan terhitung sudah lebih dari 20 lokasi di Jakarta Selatan yang sudah didatangi setiap bulannya tergantung dari permintaan.

Tak hanya menyajikan buku, pihaknya juga mendatangkan pendongeng profesional dan mengadakan kegiatan kreativitas sains (fun science) agar anak-anak semakin terlatih kemampuan literasinya.

"Pentingnya kita tanamkan dulu kebiasaan membaca yang harus tumbuh, nantinya anak-anak akan sendirinya bisa mencari buku yang topiknya lebih berat," katanya. 

Harapan Evita, ke depannya perpustakaan keliling ini bisa semakin dikenal banyak sekolah bukan hanya di Jakarta Selatan tapi di daerah lainnya.

"Tahun depan, nantinya Moka akan bertambah sehingga mudah-mudahan akan banyak titik sekolah yang bisa kami layani," katanya. 

Baca juga: Literacy Festival 2022 dorong peningkatan minat baca generasi muda

Untuk yang tertarik mengundang "Moka", bisa mengirimkan surat permohonan ke alamat kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan yang berada di Jalan Gandaria Tengah V No.3, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru.

Selain itu, juga bisa mengirimkan surat elektronik (email) ke kpakselatan@gmail.com secara daring.

Sedangkan untuk sekolah yang perpustakaannya sudah terdaftar dalam Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Jakarta (SIAPJAK) akan diprioritaskan dalam pembinaan perpustakaan dan keikutsertaan kegiatan literasi termasuk layanan "Moka".

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022