Jakarta (ANTARA News) - KBRI Berlin bekerja sama dengan Galeria Kaufhof menyelenggarakan kegiatan In-store Promotion produk ekspor makanan olahan dan kerajinan Indonesia di kota Leipzig dan Berlin, Jerman.

Siaran pers Kementerian Perdagangan menyebutkan kegiatan In-store Promotion yang dilaksanakan di Galeria Kaufhof Neumarkt Leipzig merupakan yang pertama kalinya dan telah berlangsung pada 15-30 Juni 2012.

Sementara, kegiatan In-store Promotion di Galeria Kaufhof am Alexanderplatz, Berlin, berlangsung pada 9-28 Juli 2012.

Kegiatan itu dilangsungkan untuk peringatan 60 tahun hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dan Jerman.

Selama berlangsungnya kegiatan In-store Promotion ini,juga ditampilkan pertunjukan kesenian Indonesia dan berbagai makanan yang dapat dicoba oleh pengunjung.

Selain itu, diberikan juga informasi-informasi mengenai pariwisata dan pameran Trade Expo Indonesia yang akan berlangsung pada 17-21 Oktober 2012 di Jakarta.

Produk-produk makanan olahan dan kerajinan dari Indonesia yang dipamerkan tersebut antara lain bumbu rendang, sate, nasi goreng, sambal, kecap asin, kecap manis, gula kelapa, mie wantan,mie goreng, mie sayuran, kripik singkong, makanan kecil, gula, adonan untuk membuat kue,lampu hias, batik, serta patung-patung.

Menurut Atase Perdagangan KBRI Berlin, Nusa Eka, pihak Galeria Kaufhof Jerman memberikan penilaian positif terhadap penyelenggaraan In-store Promotion, mengingat ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dengan menggandeng perwakilan RI di Jerman.

Produk-produk yang dipamerkan/dijual juga mendapatkan respon yang positif dari para pelanggan Galeria Kaufhof.

“Beberapa produk makanan olahan Indonesia ini, ke depan akan dipasarkan juga secara berkelanjutan di Galeria Kaufhof, tidak hanya dalam kegiatan In-store Promotion. Galeria Kaufhof am Alexanderplatz Berlin juga membuka kemungkinan untuk mengulangi kegiatan serupa pada tahun depan,” lanjutnya.

Berdasarkan data dari Eurostat, impor Jerman untuk produk makanan olahan dari Indonesia pada periode Januari 2012 mengalami pertumbuhan sebesar 10,91% dengan nilai sebesar 13,18 juta Euro apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2011 yang nilainya sebesar 11,87 juta Euro.

Selain presentasi produk makanan olahan Indonesia yang berlangsung di Galeria Kaufhof Leipzig, secara paralel pada 16-17 Juni 2012 telah dilakukan display produk furnitur dan kerajinan Indonesia di Bandara Internasional Leipzig.
 
Kegiatan ini dilakukan dalam kerangka Tag der offenen Tür (day of open doors) Bandara Internasional Leipzig bekerja sama dengan importir dari Leipzig yang mendatangkan langsung produk furnitur dan kerajinan dari Indonesia.

(ANTARA)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012