Sudah terbiasa sewaktu latihan menjadi lawan di Pelatnas, tapi persiapan yang maksimal dan latihan untuk menghadapi mereka juga saya lakukan
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pecatur Kabupaten Bekasi Susanto Megaranto sukses menyapu bersih medali emas catur nomor perorangan putra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 yang digelar di Sangkuriang Hall Hotel Sari Ater, Kabupaten Subang.

Pecatur bergelar Grand Master itu, Selasa, kembali meraih medali emas nomor catur standar atau klasik perorangan putra, melengkapi capaian serupa sebelumnya di nomor catur kilat perorangan dan catur cepat perorangan.

"Karena sejak awal saya memang ingin memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bekasi di ajang ini," katanya usai pertandingan, Selasa.

Baca juga: Kabupaten Bekasi berpeluang juara umum catur Porprov Jabar

Susanto mengaku tidak gentar saat berhadapan dengan pecatur nasional di ajang Porprov Jabar tahun ini terlebih dirinya memang sudah terbiasa menghadapi pecatur level pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

"Sudah terbiasa sewaktu latihan menjadi lawan di Pelatnas, tapi persiapan yang maksimal dan latihan untuk menghadapi mereka juga saya lakukan," ucapnya.

Susanto Megaranto juga berkontribusi di dua medali emas lain masing-masing pada nomor catur cepat beregu campuran dan catur kilat beregu campuran.

Sementara itu, di hari yang sama, pecatur Kabupaten Bekasi juga berhasil menyumbangkan dua medali emas lewat nomor catur klasik beregu putra dengan materi pecatur Anjas Novita, M Lutfi Ali, Farid Firmansyah, Awam Wahono, dan Ricky Rismanto.

Baca juga: Perenang Kabupaten Bekasi sumbang empat emas Porprov Jabar

Kemudian di nomor catur klasik beregu putri dengan komposisi pecatur Dewi AA Citra, Dita Karenza, dan Virdha Rizka Aulia. Medali perak berhasil diperoleh Medina Warda Aulia di nomor catur klasik perorangan putri serta perunggu diraih Harry Ubayana di nomor catur klasik perorangan putra.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bekasi Harry Ubayana mengaku puas dengan prestasi yang diraih para pecaturnya di ajang Porprov Jabar tahun ini.

"Saya bangga pecatur kita bisa berbicara banyak. Perolehan emas ini memenuhi target yang dicanangkan KONI yakni 10 medali emas. Tentu ini menjadi tambahan medali yang sangat penting bagi Kontingen Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Dari total 18 nomor catur yang dipertandingkan di Porprov Jabar 2022, Kabupaten Bekasi hingga Selasa ini sudah mengoleksi 10 medali emas, empat perak, dan satu perunggu. Hasil sementara ini menempatkan kontingen Kabupaten Bekasi sebagai juara umum cabang olahraga catur.

Baca juga: Squash Kabupaten Bekasi sumbang emas Porprov Jabar

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022