Jakarta (ANTARA) - Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran dagang internasional Hace Hotel Expo ke-42 yang digelar di Gedung Cairo International & Exhibition Centre selama 14-16 November 2022.

Kehadiran Indonesia itu, kata Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, diwakili oleh salah satu perusahaan Mesir yang loyal mengimpor produk-produk Indonesia berupa makanan, minuman, dan bumbu masakan. 

Perusahaan yang dimaksud, Egyptian Saudi Company, disebutkan memamerkan antara lain kopi instan, biskuit, makanan ringan, kelapa cair, dan sambal pedas yang diproduksi perusahaan-perusahaan Indonesia. 

Lutfi menyatakan harapan bahwa  pameran tersebut dapat memperkenalkan produk baru Indonesia, sekaligus mempertahankan posisi Indonesia di pasar Mesir.

Hace Hotel Expo ke-42 dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata Mesir Ghada Syalabi, yang didampingi penyelenggara pameran Yousra Abou Naga, serta jajaran Kementerian Pariwisata Mesir.

Ghada menjelaskan bahwa pameran yang diikuti 310 peserta itu, termasuk perwakilan dari Indonesia, Turki, China,  Spanyol, Italia, dan Prancis, sangat relevan dengan industri pariwisata, terutama menyangkut beragam produk pendukung perhotelan dan pelayanan prima (hospitality).

Presiden Direktur Egyptian Saudi Ashraf Lasheen menyampaikan apresiasi atas dukungan KBRI Kairo selama ini pada kegiatan impor dari Indonesia. 

Lasheen berharap perusahaan yang dipimpinnya itu pada masa depan dapat mengimpor lebih banyak jenis produk makanan dan minuman lainnya.

Anggota Komisi IV DPR RI Muhammad Syafruddin turut hadir dalam acara tersebut. 

Ia menyambut baik upaya KBRI Kairo dalam mempromosikan produk Indonesia yang juga berasal dari bahan rempah- rempah. 

Produk seperti itu, ujarnya, merupakan bagian dari upaya  menyukseskan program ndonesia Spice Up The World yang diusung pemerintah RI, sekaligus mengangkat produk petani ke dunia ekspor dan rantai pasok perdagangan global. 


Baca juga: Wapres harap MoU Joint Trade Committe RI-Mesir segera ditandatangani

Baca juga: Wapres minta diaspora Indonesia di Mesir jadi penghubung jalur rempah


 

Resmikan UMKM halal Hub, Mendag Zulhas ingin produk UMKM mendunia

 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022