Sebuah kehormatan dapat bertemu lagi dengan Anda, di Bali, Presiden Emmanuel Macron.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Prabowo mengenakan setelan berwarna abu-abu dan dasi biru muda bersalaman dan berbincang dengan Macron di sela pertemuan bilateral itu. Macron mengenakan setelan biru tua.

Momen itu diunggahnya pada Instagram pribadinya @prabowo.

"Sebuah kehormatan dapat bertemu lagi dengan Anda, di Bali, Presiden Emmanuel Macron," kata Prabowo, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Pertemuan bilateral antara RI dan Prancis, salah satunya membahas kerja sama pertahanan dan kedirgantaraan kedua negara

Kerja sama ini diharapkan tidak terbatas pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) semata, tapi mencakup produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur.

"Saya harapkan berbagai proyek pertahanan ini dapat segera kita tindaklanjuti. Saya sambut baik rencana dialog 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kita untuk membahas isu-isu strategis di kawasan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dibahas pula mengenai kerja sama transisi energi di mana Indonesia terus berupaya untuk memperkuat transisi energi baru dan terbarukan.

Macron pun mengapresiasi upaya yang dilakukan Indonesia dan menyatakan kesiapan untuk mendukung transisi energi di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif juga hadir dalam pertemuan tersebut.
Baca juga: Menhan Prabowo-Presiden Prancis bertemu bahas kelanjutan kerja sama
Baca juga: Menhan Prabowo inginkan kerja sama dengan Prancis dipercepat

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022