Jakarta (ANTARA) - Blibli bersama Liberty Society menggelar eksebisi bertajuk "Langkah Membumi" di Ashta District 8, Jakarta Selatan, pada 11 November hingga 4 Desember 2022.

Eksibisi itu merupakan inisiatif ESG (Environmental, Social, and Governance) pertama di bawah naungan ekosistem Blibli Tiket, di mana Blibli bersama tiket.com dan Ranch Market mengusung visi bersama menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia.

COO dan Co-founder Blibli Lisa Widodo dalam keterangannya pada Rabu mengatakan, "Blibli Cinta Bumi berterima kasih atas kolaborasi yang sangat luar biasa dari Liberty Society dalam menggelar eksibisi Langkah Membumi."

Baca juga: Blibli raih penghargaan Reshape Customer Experience Awards 2022

"Kami menyadari bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan besar ini, kita harus bersinergi dengan banyak pihak, mulai dari rantai produksi hingga para pelanggan kami untuk terlibat aktif. Kami percaya, jika terus dilakukan, setiap langkah kecil bisa jadi lebih besar manfaatnya bagi keberlanjutan di sekitar kita," kata Lisa Widodo.

Ia menambahkan, Langkah Membumi merupakan bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi yang berlangsung sejak 2020, termasuk ajakan untuk hidup lebih eco-conscious melalui ekosistem omnichannel yang inklusif.

Gerakan eco-conscious secara berkelanjutan telah diterapkan Blibli di mana bekas kardus packaging Blibli yang dikembalikan pelanggan di daur ulang menjadi filler material pengganti plastik bubble wrap.

Sebanyak lebih dari 2.600 kilogram sampah daur ulang dari acara musik dan festival yang berlangsung hingga akhir Oktober 2022 telah dikumpulkan untuk didaur ulang oleh social enterprises Liberty Society.

Tamara Gondo, CEO & Co-Founder Liberty Society, mengatakan, "Sustainability dapat menjadi norma, bukan hanya tren, ketika sektor privat menggandeng bisnis sosial seperti kami."

"Generasi muda sangat peduli pada masalah lingkungan dan sosial, kami senang dapat mengedukasi dan membuat produk ramah lingkungan yang mengusung keberlanjutan manusia serta planet melalui kampanye ini. Dari konstruksi booth dan pembuatan merchandise, lebih dari 520 kilogram sampah plastik dan 240 kilogram rice husk telah diolah kembali," kata Tamara.

Adapun pada gelaran Langkah Membumi, pengunjung dapat menikmati rangkaian talk show, workshop, dan edukasi cara memilah sampah hingga proses daur ulang sampah menjadi produk baru.

Pengunjung boleh menyumbangkan sampah botol plastik atau kardus untuk ditukarkan dengan merchandise Blibli dan tiket.com, serta voucher belanja dari Ranch Market. Sedangkan produk hasil daur ulang sampah hasil kolaborasi Liberty Society yang bisa dibeli antara lain laptop case, pouch, T-shirt.

Baca juga: Blibli "11.11" buka peluang kunjungi NCT World Korea

Baca juga: Enam perusahaan catatkan saham perdana bareng di BEI

Baca juga: Dana IPO untuk bayar utang, Blibli dinilai jadi fleksibel kelola aset

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022