Jakarta (ANTARA) - Petembak muda dari negara-negara di Asia khususnya disiplin rifle atau senapan bakal berlatih secara terpusat di Indonesia, tepatnya di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, pada 20-27 Februari 2023.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) Henry Oka mengatakan kegiatan Asian Youth Training Camp and Coaching Course tersebut atas permintaan dari Konfederasi Menembak Asia (ASC).

Rencananya, petembak muda Asia akan berada di Indonesia satu pekan sebelum Indonesia menjadi tuan rumah Asian Rifle/Pistol Cup 2023 pada 1-10 Maret.

"Melalui surat kepada kami, ASC bakal menggelar Asian Youth Training Camp untuk seluruh peserta dari Asia berlatih di Jakarta," kata Henry Oka kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Menurut Oka, latihan bersama ini memiliki keuntungan bagi petembak Indonesia. "Kesempatan bagi atlet youth kita bisa berlatih dengan seluruh atlet dari benua Asia," ujar Oka.

Selain latihan bersama, lanjut Oka, ASC juga akan menggelar kursus kepelatihan untuk para pelatih rifle. Sehingga pelatih Indonesia juga bakal mendapat pengalaman dan ilmu-ilmu baru dalam melahirkan atlet petembak berkualitas.

"Pelatih-pelatih terbaik di seluruh Asia akan berkumpul bersama di Jakarta. Kegiatan ini akan bermanfaat bagi pelatih-pelatih kita untuk bertukar ilmu kepelatihan dan diskusi penerapan ilmu-ilmu kepelatihan yang terbaru dengan diarahkan oleh pelatih terbaik yang ditunjuk ASC," ujar Oka.

Lebih dari itu, keuntungan dengan adanya gelaran kali ini adalah negara lain akan mengenal Indonesia terutama fasilitas lapangan yang sudah berstandar internasional.

"Sehingga bisa berlanjut dengan training camp dan kerja sama dengan beberapa negara lainnya," pungkas Oka.

Sebelumnya, Wakil Presiden ASC, HE Kiichiro Matsmaru, telah bertemu dengan Ketua Umum PB Perbakin Joni Supriyato disela ajang Asian Airgun Championship 2022 di Daegu, Korea Selatan yang bergulir 9-19 November.

Matsmaru juga telah menyampaikan secara langsung kepada Joni terkait rencana ASC Youth Camp for Rifle Shooting di Jakarta sebelum gelaran Asian Rifle/Pistol Cup 2023.

Baca juga: Perbakin terus berupaya tingkatkan prestasi menembak Indonesia
Baca juga: Indonesia tuan rumah kualifikasi petembak Asia menuju Olimpiade Paris
Baca juga: Sarah Ayu tatap Kejuaraan Dunia Menembak Reaksi 2022 di Thailand

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022