PLBN Serasan merupakan PLBN laut pertama di Indonesia dan akan menjadi contoh bagi pembangunan PLBN lainnya
Natuna, Kepri (ANTARA) - Deputi I Pengolahan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP), Robert Simbolon memastikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan secara fisik telah selesai dibangun seratus persen.

"Secara fisik sudah, tinggal pendukung lainnya seperti peralatan dan kebutuhan meja kursi saja," katanya saat meninjau PLBN Serasan, di Natuna, Provini Kepulauan Riau, Rabu.

Sebagai tindak lanjut dari hasil dari peninjauan, katanya, akan dilaporkan kepada Menko Polhukam, karena PLBN Serasan rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Ia juga mengatakan sejak tahun 2015 BNPP telah membangun 8 PLBN di Indonesia, termasuk PLBN Serasan dan direncanakan awal 2023 akan segera diresmikan.

"Ada 5 pos lintas batas diresmikan oleh presiden termasuk Serasan, namun pastinya kita belum tahu," katanya.

Setelah memastikan selesai seratus persen, selanjutnya akan menyiapkan tim persiapan pengelolaan PLBN oleh kementerian terkait.

"Saat ini kita mencatat hal apa yang diperlukan dan menyepakati terkait pemanfaatan gedung sesuai kebutuhan, sesuai instansi masing - masing, alur pelayanannya, tentu ada perbedaan alur pelayanan antara pos lintas laut dengan darat," katanya.

Ia menambahkan PLBN Serasan merupakan PLBN laut pertama di Indonesia dan akan menjadi contoh bagi pembangunan PLBN lainnya.

"Kami sudah hadir memberikan ancang ancang, segera berfungsi dan secepatnya bisa beroperasi," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa kunjungan ini tidak hanya memantau bangunan fisik dan infrastruktur namun juga memastikan kualitas sumberdaya pelayanan, keamanan dan pengolahan pelabuhan.

"Untuk keamanan nanti akan ditugaskan dari satuan teritorial daerah baik dari TNI maupun Polri," katanya.

Selain itu, dilakukan diskusi terkait isu-isu strategis di perbatasan tentang tata niaga lintas batas negara kepada masyarakat setempat.

Diharapkan kehadiran PLBN Serasan dapat memberi manfaat kepada perekonomian warga setempat dan membuka peluang bagi daerah sekitar dalam memanfaatkan kehadiran PLBN, demikian Robert Simbolon.

Baca juga: Indef: PLBN Serasan Natuna akan sangat strategis bagi ekonomi maritim

Baca juga: Gubernur Kepri temui Menhub, minta percepat proyek strategis nasional

Baca juga: Polisi Natuna tindak tegas penjual telur penyu

Baca juga: Pengamat: PLBN Serasan Natuna harus jadi ikon Indonesia di perbatasan


 

Pewarta: Cherman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022