Pekerjaan kita untuk ikut meningkatkan keselamatan perkeretaapian, menyelamatkan nyawa orang lain. Ini tugas mulia
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan penghargaan Railways Safety Awards 2022 kepada pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten atau kota yang telah memiliki andil besar dalam keselamatan perkeretaapian.

"Sudah saatnya kita memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada daerah, yang telah mendukung program keselamatan perkeretaapian", kata Direktur Keselamatan Kemenhub Edi Nursalam dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Edi mengatakan, penghargaan yang diserahkan Rabu ini merupakan hasil penilaian dari para pakar dan ahli transportasi yang telah menilai peran pemerintah daerah dalam mendukung peningkatan keselamatan, khususnya melalui penataan dan pengelolaan perlintasan sebidang.

Dalam Penghargaan Railways Safety Award Tahun 2022 ini, Ditjen Perkeretaapian menganugerahkan Anubawa Tama Sakatha Nirmala kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai juara 3, Kabupaten Kendal sebagai juara 2, dan Kabupaten Blitar sebagai juara 1 untuk kategori Kabupaten/Kota.

Sementara untuk kategori Provinsi juara 3 diraih oleh Provinsi Jawa Timur, juara 2 diraih oleh Provinsi Banten, dan juara 1 diraih oleh Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, Ditjen Perkeretaapian juga memberikan sertifikat apresiasi kepada sembilan kabupaten/kota yaitu Sukoharjo, Magetan, Muara Enim, Serang, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kebumen, Serang, dan Purworejo dan plakat apresiasi kepada Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang, Kabupaten Batu Bara, Sidoarjo, Bojonegoro, dan Lamongan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kota Padang ini dihadiri oleh seluruh perwakilan para nominasi dan pemenang, serta balai teknik di lingkungan Ditjen Perkeretaapian.

Menurut dia, dampak dari kecelakaan kereta api di Indonesia cukup besar, sehingga menjadi perhatian Ditjen Perkeretaapian yang melibatkan dan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Pekerjaan kita untuk ikut meningkatkan keselamatan perkeretaapian, menyelamatkan nyawa orang lain. Ini tugas mulia," katanya.

Baca juga: Kemenhub: Kecelakaan lebih tinggi di perlintasan KA tanpa penjagaan
Baca juga: KAI waspadai 27 titik rawan bencana di Sumsel
Baca juga: Daop 6 Yogyakarta intensifkan pengecekan lintas saat musim hujan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022