Saya merasa sangat beruntung bisa berada di Indonesia. Saat ini merupakan masa keemasan hubungan baik kedua negara,
Jakarta (ANTARA) - Presidensi G20 dan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KKT) G20 dinilai oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins sebagai momen keemasan hubungan diplomatik Indonesia-Inggris.

"Saya merasa sangat beruntung bisa berada di Indonesia. Saat ini merupakan masa keemasan hubungan baik kedua negara," kata Dubes Owen Jenkins dalam suatu wawancara di sela-sela KTT G20 di Bali, Rabu.

Dia menilai bahwa hubungan kedua negara selama ini terjalin sangat baik dengan adanya berbagai kerja sama dalam berbagai bidang.

"Saya rasa hubungan kedua negara dalam kondisi sangat baik. Saya rasa, baik Indonesia maupun Inggris, melihat potensi yang begitu besar bagi kedua negara untuk bekerja sama dalam sejumlah bidang dan sektor," ujarnya.

Baca juga: KTT G20 tegaskan kembali komitmen kerja sama atasi tantangan global

Terkait tema presidensi G20 Indonesia "Pulih Bersama, Pulih Lebih kuat", Dubes Inggris itu menilai tema tersebut telah mewakili keprihatinan seluruh negara pascapandemi COVID-19 yang berdampak pada negara-negara di dunia dalam banyak aspek, baik ekonomi, pendidikan maupun kebudayaan.

"Tentu saja saya rasa tema 'Pulih bersama, Pulih Lebih Kuat' merupakan jargon sekaligus tema yang dibutuhkan dunia saat ini. Dan saya rasa ketika Indonesia menetapkan jargon tersebut lengkap dengan tiga isu prioritas transisi energi, transformasi digital dan penguatan infrastruktur kesehatan global, ini sangat tepat karena kita baru saja pulih dari pandemi," kata Jenkins.

Selanjutnya, dia juga menyinggung soal manfaat lain G20 bagi hubungan Indonesia dan Inggris, terutama manfaat ekonomi.

Menurut dia, kedua negara akan mendapatkan keuntungan ekonomi yang banyak dari Presidensi G20 Indonesia.

"Jika kita melihat jauh ke depan, berbicara mengenai isu transisi energi, begitu pula transformasi digital, juga kebutuhan sektor kesehatan, forum G20 mendorong penguatan kerja sama di bidang-bidang tersebut. Saat ini kita masih memiliki kerja sama yang sangat erat di sektor transisi energi yang dapat diperbarui," ucapnya.

"Saya rasa kedua negara bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa banyak dari presidensi G20. Dan seperti pernyataan saya sebelumnya, isu prioritas yang diusung oleh Indonesia adalah juga menjadi stimulus untuk meningkatkan perekonomian kedua negara, baik bagi Inggris maupun Indonesia," ujar Jenkins.

Baca juga: Menkeu: Komitmen transisi energi tertuang di Leaders' Declaration G20
Baca juga: Jokowi: G20 forum ekonomi dan finansial bukan politik

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022