Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara menyiapkan acara penyambutan kedatangan penumpang kapal pesiar berbendera Norwegia, Motor Vessel (MV) Viking Orion di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Utara, Wiwik Satriani kepada wartawan di Jakarta Utara, Rabu, mengatakan, pihaknya menyiapkan para penari hingga stan bazar "oleh-oleh" untuk menyambut kedatangan wisatawan dan kru kapal pesiar tersebut.

Jumlah penumpang diperkirakan mencapai ribuan orang. Penyambutan dilakukan di dermaga Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara pada Kamis (17/11).

"Kapal pesiarnya bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Nanti disambut dengan tarian dan Abang None, juga ada stan bazar 'oleh-oleh' dari (Dinas) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta," kata Wiwik.

Penyambutan kapal pesiar itu sekaligus mengajak penumpangnya mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Jakarta seperti Kota Tua, Museum Bahari, Pasar Baru, hingga Ancol. Kapal itu bersandar dua hari di Pelabuhan Tanjung Priok sejak sekitar pukul 08.00 WIB.

Wiwik mengatakan, biasanya penumpang yang tidak mengambil paket pesiar akan berbelanja di pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading. "Sehingga kedatangan wisatawan tentu dapat mendukung perekonomian di wilayah Jakarta Utara dan sekitarnya," kata dia.

Wisatawan asing yang memenuhi syarat keimigrasian diperbolehkan turun dari kapal dengan tetap menggunakan masker serta menjaga jarak.

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Priok juga memeriksa suhu tubuh penumpang serta sertifikat vaksinasi COVID-19 sebelum beranjak meninggalkan ruang tunggu terminal.
Baca juga: 241 WNI ABK kapal MS Island Princess tiba di Jakarta
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022