Pemerintah Kabupaten Magetan yang telah berperan aktif dalam upaya peningkatan keselamatan di perlintasan
Magetan (ANTARA) - Kabupaten Magetan, Jawa Timur, meraih Railways Safety Awards atau Penghargaan Keselamatan Jalur Kereta Api 2022 dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Keselamatan Kemenhub Edi Nursalam kepada Bupati Magetan Suprawoto di Hotel The ZHM Premiere Kota Padang, Sumatera Barat, pada Rabu.

"Terima kasih atas penghargaan ini. Penghargaan ini didapat atas partisipasi Pemerintah Kabupaten Magetan yang telah berperan aktif dalam upaya peningkatan keselamatan di perlintasan," ujar Bupati Magetan Suprawoto dalam keterangannya diterima di Magetan, Rabu.

Adapun, Railways Safety Awards 2022 merupakan penghargaan kepada pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten atau kota yang telah memiliki andil besar dalam keselamatan perkeretaapian.

Penghargaan itu merupakan hasil penilaian dari para pakar dan ahli transportasi yang telah menilai peran pemerintah daerah dalam mendukung peningkatan keselamatan, khususnya melalui penataan dan pengelolaan perlintasan sebidang.

Baca juga: Kemenhub berikan penghargaan Railways Safety Awards 2022 kepada pemda

Baca juga: KAI segera terapkan teknologi pengenal wajah


Penghargaan yang baru pertama kalinya digelar tersebut mengangkat tema "Melalui Penataan dan Pengelolaan Perlintasan Sebidang, Kita Tingkatkan Keselamatan 2022".

Sementara, Direktur Keselamatan Kemenhub Edi Nursalam mengatakan bahwa penghargaan itu merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membangun sistem keselamatan perkeretaapian.

"Sehingga diharapkan bisa memotivasi pemda untuk mendorong penataan perlintasan sebidang yang tentunya aman, selamat, dan nyaman serta berkelanjutan bagi pengguna jalan," kata dia.

Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api dengan Jalan.

Sementara, dalam penghargaan Railways Safety Award Tahun 2022 ini, Ditjen Perkeretaapian menganugerahkan Anubawa Tama Sakatha Nirmala kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai juara 3, Kabupaten Kendal sebagai juara 2, dan Kabupaten Blitar sebagai juara 1 untuk kategori Kabupaten/Kota.

Sementara untuk kategori Provinsi juara 3 diraih oleh Provinsi Jawa Timur, juara 2 diraih oleh Provinsi Banten, dan juara 1 diraih oleh Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, Ditjen Perkeretaapian juga memberikan sertifikat apresiasi kepada sembilan kabupaten/kota yaitu Sukoharjo, Magetan, Muara Enim, Serang, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kebumen, Serang, dan Purworejo dan plakat apresiasi kepada Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang, Kabupaten Batu Bara, Sidoarjo, Bojonegoro dan Lamongan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kota Padang itu dihadiri oleh seluruh perwakilan para nominasi dan pemenang, serta balai teknik di lingkungan Ditjen Perkeretaapian.

Baca juga: Komisi V DPR RI undang komunitas bahas perlintasan sebidang kereta api

Baca juga: KAI dan KAI Commuter luncurkan film dokumenter dan omnibus

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022