Medan (ANTARA) - Sebanyak empat dari enam orang tahanan yang kabur dari ruang tahanan Kepolisian Resor Toba, Sumatera Utara, berhasil ditangkap, sementara dua tahanan lainnya masih dalam pengejaran petugas.

Kepala Polres Toba Ajun Komisaris Besar Polisi Taufik Hidayat Thayeb dalam keterangannya diterima di Medan, Rabu, menjelaskan jajarannya telah menangkap kembali empat dari enam tahanan yang kabur dari ruang tahanan Polres Toba.

Keenam tahanan sejumlah kasus kriminal itu dilaporkan kabur pada Selasa (15/11) dini hari sekira pukul 03.15 WIB. Tim Operasional Polres Toba bergerak cepat melakukan pengejaran dan pencarian terhadap para tahanan itu.

"Sekitar pukul 13.30 WIB, tim operasional berhasil menangkap dua pelaku di (Kecamatan) Porsea dan langsung dibawa ke Polres Toba. Kedua tahanan itu atas nama Rebana Mardova Lubis yang terlibat kasus pencurian dan Monray Sibarani, kasus penyalahgunaan narkoba," ucapnya.

Setelah itu, lanjut Kapolres, pada Selasa (15/11) sore pukul 15.20 WIB, dua orang tahanan lainnya berhasil diringkus personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba. Dalam penangkapan itu, polisi terpaksa menembak kaki kedua tahanan karena berusaha melawan saat akan ditangkap.

Kedua tahanan itu atas nama Dennis Grantikno Sibuea yang terlibat kasus penyalahgunaan narkotika dan Jumadi Tambunan, tahanan titipan perkara narkotika Satresnarkoba Polres Toba.

"Dua tahanan lainnya atas nama Janter Hot Marihot dengan kasus pencurian dan Leodensus Sitorus, kasus yang sama pencurian, belum berhasil ditangkap," jelas Kapolres.

Taufik menambahkan hingga saat ini tim Polres Toba masih melakukan pengejaran dan pencarian dua tahanan yang kabur tersebut.

Menurut ia, keberhasilan jajarannya menangkap keempat tahanan yang kabur itu berkat dukungan dari masyarakat yang memberikan informasi kepada Polres Toba.

"Terkait kaburnya enam orang tahanan dari ruang tahanan Polres Toba masih dalam pemeriksaan dan pendalaman oleh tim terkait. Saat ini semua personel yang bertugas melakukan penjagaan pada saat kaburnya enam tahanan itu masih dalam pemeriksaan serta pendalaman oleh Tim Propam Polres Toba," papar Kapolres.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022