Jakarta (ANTARA) -
Jelang akhir masa jabatan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar terus melakukan pembenahan tata kelola organisasi hingga pembinaan tenis di Tanah Air.

Selama memimpin PP Pelti periode 2017-2022, Rildo telah sukses membawa para atlet menorehkan sederet prestasi membanggakan. Tak hanya itu Rildo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, juga sangat fokus dalam pembinaan dan kesejahteraan atlet.
 
Sederet prestasi yang berhasil diraih di bawah kepemimpinan Rildo di antaranya, meraih medali emas melalui ganda campuran pada Asian Games 2018, setelah vakum medali emas dalam 16 tahun tahun.

Baca juga: Pelti fokus fokus pembinaan petenis muda
 
Tepatnya setelah sebelumnya tim beregu putri yang terdiri dari Wynne Prakusya, Angelique Widjaja, dan Liza Andriyani serta Wukirasih Sawondari mempersembahkan emas pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan. Khusus untuk ganda campuran menjadi emas pertama setelah duet Yayuk Basuki/Suharyadi meraihnya di Asian Games Beijing, China pada 1990.
 
Prestasi Pelti terus berlanjut pada 2019, ketika tim tenis Indonesia berhasil menjadi juara umum di SEA Games 2019 di Filipina dengan meraih tiga medali emas dan dua perunggu. Pada SEA Games 2021 di Vietnam (bergulir 2022), tim tenis Indonesia kembali memperoleh satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu.
 
Deretan prestasi ini menunjukkan upaya dan program pembinaan yang dilakukan oleh Pelti sebagai pembina tenis lapangan di Indonesia sudah berada di jalur yang tepat.

Baca juga: Menang di Playoff Piala Davis jadi awal kesuksesan tim tenis Indonesia
 
Tak hanya itu, Indonesia boleh berbangga, selain untuk pertama kalinya mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan International Tennis Federation (ITF) Regional Coaches Conference di Bali, pada tahun 2022 Indonesia juga untuk pertama kalinya memiliki pelatih ITF level 3, Martin Setiawan.
 
Pada sisi lain, tahun ini Pelti juga memiliki agenda besar. Sebagai organisasi yang taat AD/ART, Pelti segera menyelenggarakan musyawarah nasional untuk melakukan pemilihan kepengurusan 2022-2027 di Hotel Sultan, Jakarta pada 18-20 November.
 
Selaku Ketua Umum PP Pelti, Rildo berharap agar pelaksanaan musyawarah nasional berjalan lancar, “Semoga agenda musyawarah nasional kali ini bisa berjalan dengan lancar dan pengurus Pelti periode 2022–2027 bisa melanjutkan kerja keras kepengurusan sebelumnya untuk mengangkat prestasi tenis dan mengharumkan nama bangsa Indonesia " kata Rildo.
 
Sebelumnya, Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Calon Ketua Umum PP Pelti periode 2022-2027 telah mengumumkan dua nama yang mendaftar yakni Edward Omar Sharif Hiariej dan Rildo Ananda Anwar sebagai petahana.

Baca juga: PP PELTI berencana adakan turnamen Master pada akhir tahun
 
 
 
 
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022