Jakarta (ANTARA/JACX) - Indonesia telah menggelar pertemuan KTT G20 yang berlangsung di Bali pada 15-16 November yang dihadiri 17 kepala negara anggotanya.

Dalam pertemuan selama dua hari itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi kepala negara yang tidak hadir di Bali, selain Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Sorotan terhadap ketidak-hadiran Vladimir Putin di Bali pun menjadi pembahasan warganet di media sosial, seperti di Twitter.

Salah satu pengguna Twitter menyebut ada alasan mengapa Putin tidak menghadiri KTT G20, yaitu terdapat unjuk kekuatan militer di selatan Bali.

Pengguna itu menyertakan video berdurasi 45 detik yang menampilkan kapal sejumlah kapal perang, termasuk kapal induk, serta tiga formasi pesawat militer yang melintas di atas kapal-kapal perang itu.

Berikut adalah narasi pada unggahan tersebut:
"Mungkin ini yang bikin Mr Putin ga jadi datang. Sudah ada yang unjuk kekuatan di perairan selatan Bali"

Video yang diunggah pada 10 November 2022 itu telah disukai 22 pengguna lain Twitter.

Namun, benarkah Putin tidak hadir ke KTT G20 karena terdapat parade militer angkatan laut?
 
Unggahan hoaks yang menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir dalam KTT G20 di Bali terkait parade militer di perairan selatn Bali. (Twitter)


Penjelasan:
Penelusuran terhadap unggahan video di Twitter tersebut menemukan parade militer angkatan laut yang ditampilkan tidak terkait penyelenggaraan KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022. 

Video tersebut merupakan rekaman peristiwa Armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat pada 2021.

ANTARA menemukan unggahan video di YouTube yang menampilkan tiga formasi pesawat di atas kapal militer diunggah pada 15 April. 

Akun pengunggah itu menyertakan keterangan video, peristiwa terjadi di perairan barat Filipina.

Sementara, unggahan lain di YouTube, pada 27 April 2021, yang menampilkan unggahan serupa menyebut tiga formasi pesawat itu merupakan rombongan Presiden AS dengan pengawalan pesawat militer.

Kedua unggahan itu mempunyai waktu yang sama yaitu pada April 2021 dan bukan pada 2022.

ANTARA juga tidak menemukan informasi resmi unjuk militer terkait KTT G20 yang menampilkan kapal induk sebagaimana tampak pada unggahan di Twitter itu.

Pengamanan di wilayah perairan Bali secara resmi dilakukan TNI Angkatan Laut dengan melibatkan 14 kapal perang, tapi tidak terdapat kapal iduk diantaranya, sebagaimana dilaporkan ANTARA.

Dengan demikian, klaim yang menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir pada KTT G20 di Bali karena terdapat parade militer angkatan laut merupakan kabar bohong atau hoaks.

Klaim: Putin tidak hadiri KTT G20 karena parade angkatan laut
Rating: Salah/hoaks

Cek fakta: Hoaks! Jokowi tolak Malaysia jadi anggota tetap G20

Baca juga: Indonesia tutup KTT G20 serahkan kepemimpinan ke India

Baca juga: India akan lanjutkan inisiatif Indonesia selama presidensi G20

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia lahirkan rencana aksi dengan tujuan konkret

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022