Jakarta (ANTARA) - Pebalap Jerman Nico Hulkenberg akan kembali membalap secara penuh pada Formula 1 musim 2023 menggantikan Mick Schumacher di tim Haas, demikian tim asal Amerika Serikat itu pada Kamis.

Hulkenberg (35) meninggalkan Formula 1 pada akhir 2019 namun mendapat lima kesempatan membalap sebagai pebalap pengganti untuk tim Racing Point dan Aston Martin, terakhir kali sebagai pengganti Sebastian Vettell pada dua balapan awal tahun ini di Bahrain dan Arab Saudi.

"Saya sangat senang mengisi bangku membalap secara penuh bersama Haas F1 Team pada 2023. Saya tak pernah merasakan meninggalkan Forrmula 1," kata Hulkenberg dikutip laman resmi Haas.

"Saya sangat senang mendapatkan kesempatan untuk melakukan kembali apa yang saya cintai dan ingin berterima kasih kepada Gene Haas dan Guenther Steiner atas kepercayaan mereka."

Hulkenberg bisa dibilang pebalap veteran di Formula 1 dengan pengalaman 181 start Grand Prix. Ia juga merupakan juara ajang ketahanan 24 Hours of Le Mans pada 2015 bersama tim Porsche.

Setelah menjuarai A1GP pada 2006-07, Hulkenberg merebut gelar FOrmula 3 Euro Series pada 2008 diikuti dengan satu gelar GP2 Series (sekarang Formula 2) pada tahun berikutnya sebelum bergabung ke Formula 1 pada 2010.

Ia pernah membalap untuk Williams, Force India, Sauber, Renault, Racing Point dan Aston Martin dan mengumpulkan 521 poin dalam kariernya termasuk satu pole position di Brazil 2010, dua lap tercepat dan finis terbaik di peringkat empat sebanyak tiga kali.

Baca juga: Verstappen galau menuju seri penutup musim saat Mercedes mulai bangkit

Posisi terbaik Hulkenberg di klasemen adalah peringkat tujuh ketika bersama Renault pada 2018.

"Pengalaman dan dasar pengetahuan yang Nico bawa ke tim sangat jelas, dengan hampir 200 kali start di Formula 1 serta reputasi sebagai jagoan kualifikasi serta pebalap yang solid dan dapat diandalkan," kata Steiner kepala tim Haas.

"Atribut ini, yang kemudian dipasangkan dengan pengalaman Kevin Magnussen, memberi kami pasangan pebalap yang sangat kredibel dan terasah yang kami yakin dapat membantu tim lebih baik di grid."

Hulkenberg akan menjalani tugasnya di tim Haas pada 22 November saat tes Formula1 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Haas lebih dini pada hari ini telah mengumumkan perpisahannya dengan Mick Schumacher yang telah bersama tim tersebut selama dua musim.

Putra legenda F1 Michael Schumacher itu mempersembahkan finis terbaik bagi Haas di peringkat enam saat GP Austria musim ini, satu pekan setelah ia meraih poin perdananya ketika finis P8 di Silverstone.

Schumacher saat ini berada di peringkat 16 klasemen pebalap dengan 12 poin.

Schumacher menghadapi peluang kecil untuk mengamankan bangku membalap musim depan. Satu-satunya bangku yang tersisa saat ini adalah di tim Williams, tapi kemungkinan besar akan diberikan kepadan Logan Sargeant yang saat ini menempati peringkat tiga klasemen Formula 2.

Baca juga: Ferrari bantah rumor soal pemecatan bos tim Mattia Binotto
Baca juga: Mercedes 1-2 ketika Russell menangi Grand Prix Sao Paulo

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022