ketinggian air kurang lebih sekitar 1 meter setengah
Solok (ANTARA) - Sejumlah warga membersihkan sisa material banjir yang melanda Kabupaten Solok, Sumatera Barat antara lain di Sawah Pasir, Lubuk Aie Mati belakang SMEA BM, dan Salayo di sepanjang aliran Sungai Batang Lembang,

Salah seorang warga yang terdampak banjir Irma Wati (42) di Koto Baru, Kamis mengatakan ia beserta keluarganya baru bisa membersihkan rumahnya dari material banjir pagi tadi.

"Karena tadi malam kami sekeluarga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat yang tidak terdampak banjir," ujar dia.

Ia mengatakan banjir tersebut merendam rumahnya di Jorong Simpang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung itu pada pukul 16.00 WIB dan baru surut Rabu (16/11) pada pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Korban banjir di Solok butuh bantuan logistik
Baca juga: Warga terdampak banjir di Solok kesulitan air bersih

Air banjir itu diduga berasal dari pertemuan antara air Sungai Batang Lembang dari arah Gantung Cari dan Sungai Batang Lembang dari arah Bukit Gadang.

"Di tempat tinggal kami ini memang sering terjadi banjir. Cuma tahun ini debit air cukup tinggi. Ketinggian air kurang lebih sekitar 1 meter setengah sehingga kami sekeluarga terpaksa diungsikan," kata dia.

Selain itu, peristiwa banjir tersebut juga menghanyutkan beberapa hewan ternak warga dan merendam beberapa sawah serta ladang warga.

Salah seorang warga yang terdampak banjir Verawati (42) juga mengatakan kendaraan motornya sempat terbawa arus air banjir, namun akhirnya bisa diselamatkan. "Beberapa ladang juga terdampak," katanya.

​​​​​Sampai saat ini warga yang terdampak banjir tersebut belum mendapatkan bantuan logistik dan bantuan apapun.

Baca juga: Sejumlah sawah warga terendam banjir bandang di Nagari Garabak Data
Baca juga: Puluhan rumah di Solok Selatan terendam banjir dan longsor

Di samping itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Armen menyebutkan berdasarkan laporan sementara data kejadian bencana banjir di beberapa titik di Kabupaten Solok, yakni Sawah Pasir terdampak sekitar 50 KK dan telah diungsikan.

Selanjutnya di daerah Lubuk Aie Mati belakang SMEA BM warga yang terdapat telah diungsikan, dan di daerah Salayo di sepanjang aliran Sungai Batang Lembang.

Lebih lanjut, ia menyebutkan juga terjadi peristiwa longsor di sejumlah rumah warga yang rusak parah di Lubuk Selasih Solok, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Ia mengimbau kepada masyarakat sekitar supaya meningkatkan kewaspadaan antisipasi bencana alam hidrometeorologi berupa longsor dan banjir susulan karena melihat intensitas hujan yang masih cukup tinggi. 

Baca juga: Enam rumah dan dua jembatan rusak berat akibat banjir bandang di OKU

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022