Jakarta (ANTARA) - Dua pesepak bola Jordi Amat dan Sandy Walsh diliputi rasa bahagia dan bangga setelah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI), ditandai dengan pengambilan sumpah/janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis.

"Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini. Saya sangat senang. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita," ujar Jordi, pria yang sebelumnya berkewarganegaraan Spanyol itu.

Pria berusia 30 tahun tersebut pun berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantunya menjadi WNI termasuk PSSI.

Pernyataan senada juga diutarakan oleh Sandy Walsh (27 tahun). Sandy bahkan mengaku menangis terharu ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah momen yang sangat indah. Saya menutup mata dan menangis. Jadi, sekali lagi terima kasih," tutur pria yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda itu.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Ibnu Chuldun mengatakan bahwa Jordi dan Sandy mampu melafalkan sumpah setia WNI dengan fasih.

Lagu Indonesia Raya juga mampu mereka nyanyikan dengan baik. Menurut Ibnu, itu salah satu bentuk kesungguhan Jordi dan Sandy menjadi WNI.

"Memang sepatutnya beliau menjadi bagian dari kita, bagian dari bangsa Indonesia sesuai prestasi dan kemampuannya. Semoga beliau sukses membawa nama harum Indonesia di dunia persepakbolaan internasional," kata Ibnu.

Baca juga: DPR setujui pemberian kewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh
Baca juga: Presiden tanda tangani Keppres WNI untuk Sandy-Jordi

Setelah menjadi WNI, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan mendapatkan kartu keluarga (KK), KTP dan paspor Indonesia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan bahwa pihaknya akan membantu proses tersebut agar Jordi dan Sandy memiliki dokumen kependudukan resmi.

"Hari ini juga saya akan mengantarkan keduanya ke Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil-red) supaya supaya semuanya segera selesai," ujar Iriawan.

Jordi Amat dan Sandy Walsh merupakan pesepak bola berposisi bek keturunan Indonesia yang lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Mereka diproyeksikan untuk memperkuat timnas Indonesia dan diproyeksikan PSSI untuk terlibat di Piala AFF 2022 yang akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023.

Di turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Baca juga: PSSI berharap perpindahan federasi Sandy-Jordi lancar demi AFF
Baca juga: Shayne Pattynama dapat lampu hijau jadi WNI dari dua komisi DPR

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022