Jakarta (ANTARA) - Direktur Bina Rencana Pemanfaatan Hutan KLHK Drasospolino mengatakan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) memiliki peran penting untuk menjadi fasilitator antara mitra yang dapat mengakses pasar dan usaha kehutanan berbasis masyarakat.

Dalam diskusi di Paviliun Indonesia COP-27 Mesir diikuti virtual dari Jakarta, Kamis, ia mengatakan komunitas masyarakat adalah garda terdepan untuk melakukan utilisasi produk-produk kehutanan.

Ia mengatakan mitra yang dapat mengakses pasar atau market access player dapat meningkatkan akses ke pasar dan investasi untuk produk kehutanan yang dihasilkan masyarakat.

"Secara khusus, peran KPH dalam pendekatan berbasis pasar adalah menyiapkan kapasitas masyarakat, memfasilitasi kolaborasi dan akses informasi," katanya.

KLHK telah memiliki "KPH Efektif" untuk mendukung komunitas independen dan hutan yang berkelanjutan. Salah satu indikator penting untuk kesuksesan program itu adalah akses kepada pasar.

Baca juga: KPH menemukan barang bukti perambahan hutan di Mukomuko

Untuk mendukung pengelolaan hutan yang berkelanjutan, KPH perlu memenuhi beberapa kriteria termasuk memfasilitasi pertumbuhan investasi, perkembangan industri, promosi produk kehutanan dan mencapai pasarnya.

Dia mengharapkan dengan langkah-langkah itu akan terwujud pengelolaan hutan yang berujung pada peningkatan akses produk kehutanan ke pasar untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

Terkait akses finansial, KPH dapat menjadi fasilitator dengan berbagai mitra untuk mendukung berbagai pengembangan produk kehutanan yang dilakukan masyarakat.

"KPH melakukan upaya untuk mendukung dan memperkuat kelompok masyarakat demi memastikan mereka dapat mengembangkan kemitraan bisnis," katanya.

Dia menjelaskan untuk mendukung akses informasi, KLHK juga sudah mengembangkan akses agar publik dapat mengakses informasi terkait potensi produk kehutanan dan komunitas yang bergerak di akar rumput.

Pihaknya juga melalui KPH dapat memfasilitasi interaksi berbagai pemangku kepentingan di tingkat tapak.

Baca juga: KLHK dorong kemandirian KPH dengan hasil hutan bukan kayu
Baca juga: KLHK sebut KPH dapat dukung tercapainya FoLU Net Sink 2030
Baca juga: KPH Tanah Laut siapkan diri untuk perdagangan karbon di tingkat tapak

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022