Denpasar (ANTARA) -
Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo menyatakan kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 membuktikan PLN sanggup memasok listrik yang handal pada ajang bertaraf internasional.
 
Saat menggelar apel apresiasi Dirut PLN kepada Tim Siaga Ketenagalistrikan di Denpasar, Bali, Kamis, ia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menutup acara KTT G20 mengakui dan mengapresiasi kinerja PLN dalam memastikan keandalan pasokan listrik.
 
Menurutnya, sebelum meninggalkan acara syukuran Panitia Nasional KTT G20 Presiden Jokowi menyempatkan diri menghampirinya serta seluruh petugas siaga dan menyampaikan apresiasi. "Terima kasih PLN," kata Presiden Jokowi sambil mengangkat tangan dan mengacungkan jempolnya.
 
Darmawan merasa bersyukur acara KTT G20 sudah terlaksana dengan lancar dan PLN telah menunjukkan mampu mendukung keandalan pasokan listrik dengan sempurna.
 
“Perjuangan persiapan kita semua. Fokus all out PLN dalam beberapa bulan terakhir, mandi keringat dalam latihan, akhirnya terbayar lunas dengan gebyar KTT G20,” ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Keras Seluruh Pihak, Angkat Jempol Untuk PLN
 
Darmawan mengatakan kesuksesan PLN dalam ajang bertaraf internasional kali ini tidak terlepas dari persiapan telah dilakukan dari satu tahun sebelumnya terkait transmisi, distribusi, serta infrastruktur kendaraan listrik.
 
Dari hasil pantauan di lapangan, Darmawan menjelaskan beban puncak kelistrikan Bali saat gelaran KTT G20 terjadi pada 15 November 2022 saat pembukaan KTT G20 oleh Presiden Jokowi di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, sekitar pukul 11.25 WITA sebesar 833 MW.
 
Selain itu ia juga bersyukur layanan SPKLU dan home charging bagi ratusan kendaraan listrik dari para delegasi dan peserta KTT G20 berjalan lancar. Tercatat, konsumsi daya untuk kendaraan listrik mencapai 69 ribu kWh.
 
"Melalui kerja sama dengan pemerintah, Paspampres, TNI, Polri, dan seluruh pihak, kami bersyukur pengamanan kelistrikan, termasuk SPKLU ini berjalan lancar," ujar Darmawan.

Baca juga: Dirut PLN: Pasokan listrik hari pertama puncak KTT G20 berjalan aman

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022