Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo selama menjaga keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15—16 November 2022.

"Dari kegiatan KTT G20, banyak yang terlibat menyukseskan. Kami dari Komisi III DPR RI ingin mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Polri yang terlibat pada proses keamanan, khususnya Pak Kapolri Listyo Sigit Prabowo," kata Adies dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Adies menilai kinerja Kapolri pada pengamanan selama 2 hari KTT G20 di Bali sangat optimal. Hal terlihat bagaimana Polri bisa memanfaatkan sistem keamanan berbasis teknologi informasi serta dukungan 9.700 personel Polri.

Selama dua hari, menurut dia, semua berjalan lancar dan tidak ada kendala. Semua ditangani dengan baik, termasuk kemacetan yang biasanya terjadi bisa ditangani dengan baik dan cepat dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Menurut dia, dengan sistem keamanan yang menggunakan fasilitas komunikasi yang canggih, dapat lebih lebih cepat mengambil langkah pencegahan.

Meski demikian, Adies menilai keberhasilan tersebut didukung juga dengan metode komunikasi yang diambil oleh Kapolri Sigit.

"Pekerjaan itu jika menggunakan fasilitas informasi dan teknologi dengan tepat, bisa melakukan langkah pencegahan dengan segera mengambil langkah antisipatif terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi," katanya menegaskan.

Selain itu, pengamanan peserta KTT G20 selama 2 hari sangat terorganisasi dengan baik, termasuk saat para pimpinan negara G20 berada di titik rawan di Bali.

"Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik, sesuai dengan rencana Polri. Terlihat pada pengamanan di titik rawan, seperti bandara dan di jalan menuju tempat acara," ungkapnya.

Baca juga: Presiden: "gala dinner" G20 tak pakai pawang hujan tapi rekayasa cuaca
Baca juga: China tegaskan Xi tidak kritik Trudeau di pertemuan G20

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022