Usulan kegiatan itu sudah termuat dalam Rencana Pembangunan Infrastruktur Pemukiman (RPIP) telah kami terima dan dilaksanakan 2023
Kaimana (ANTARA) - Bupati Kaimana, Papua Barat, Freddy Thie menyebutkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2023 menggelontorkan dana Rp23 miliar untuk menata kembali Taman Jokowi-Iriana dan Taman JK di Kabupaten Kaimana.

"Usulan kegiatan itu sudah termuat dalam Rencana Pembangunan Infrastruktur Pemukiman (RPIP) telah kami terima dan dilaksanakan pada 2023 oleh Kementerian PUPR," kata Freddy yang dihubungi dari Manokwari, Papua Barat, Jumat.

Freddy mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjuangan untuk menjadikan Kabupaten Kaimana lebih baik.

Beberapa waktu lalu Bupati Freddy didampingi sejumlah pejabat Pemkab Kaimana menemui Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono dan jajarannya di Jakarta guna meminta dukungan pemerintah pusat bagi pembangunan dan pengembangan infrastruktur di daerahnya.

Freddy juga melakukan hal serupa ke Kementerian Perhubungan dan berbagai kementerian serta lembaga negara di Jakarta.

"Tentu hal ini tidak sekedar balik telapak tangan, kami terus lakukan komunikasi, bertemu dan menjelaskan terkait kebutuhan juga aspirasi masyarakat Kaimana kepada Kementerian, bukan sekali saja. Puji Tuhan usulan kita sudah dijawab," ujarnya.

Baca juga: Koalisi Anak Muda Kaimana gandeng TNI-Polri tanam bakau

Baca juga: Satgas Saber Pungli Kaimana siap menindaklanjuti pengaduan masyarakat


Menurut dia, anggaran senilai Rp23 miliar itu nantinya digunakan untuk penataan kawasan Taman Jokowi-Iriana dan sebagian untuk penataan Taman Jusuf Kalla (JK).

Pemkab Kaimana membangun Taman Jokowi-Iriana dan Taman JK di pusat Kota Kaimana yang dikenal sebagai 'kota senja' itu sebagai ungkapan terima kasih atas kunjungan kerja Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Kaimana pada Minggu, 27 Oktober 2019.

Di bawah kepemimpinan Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbulla Furuada yang dilantik pada 26 April 2021, Pemkab Kaimana terus menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayah itu guna mendukung visi daerah untuk menjadikan Kaimana sebagai daerah tujuan pariwisata.

Tidak saja di bidang pariwisata, Kaimana juga melakukan berbagai terobosan untuk pengembangan bidang pertanian dan perkebunan serta perikanan.

Guna mewujudkan visi tersebut, Pemkab Kaimana telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Udayana Denpasar Bali, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Papua (Unipa) Manokwari.

Bupati Freddy menyebutkan banyak program di kementerian dan lembaga terkait yang bisa dikerjasamakan dengan daerah untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Yang terpenting kita harus terus berkomunikasi dan mencari informasi diselaraskan dengan kebutuhan daerah. Saya berharap semua perangkat daerah demikian, karena APBD kita tidak bisa cukup, kita harus jemput bola," ujarnya.

Baca juga: Bupati Freddy usulkan trayek baru ASDP Kaimana-Dobo-Timika

Baca juga: Kementerian PUPR bantu Pemkab Kaimana sediakan fasilitas air bersih

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022