Solo (ANTARA) - Dengan mengusung slogan "Muktamar Bersih Lingkungan, panitia penyelenggara muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan selama pelaksanaan muktamar.

Pada acara pembukaan sidang tanwir di Edutorium Muhammad Djasman Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jumat, Ketua Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah Sofyan Anif meminta pimpinan wilayah Muhammadiyah menyampaikan pesan tersebut kepada pimpinan daerah di wilayah masing-masing. 

Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah mengimbau para muktamirin maupun penggembira bersama-sama menjaga kondisi lingkungan agar kondusif dan bersih selama pelaksanaan kegiatan.

"Kami mohon bantuan PW Muhammadiyah agar menyampaikan ke seluruh peserta, termasuk yang paling banyak para penggembira yang hadir di Solo, agar tetap dengan perasaan gembira menjaga lingkungan yang kondusif dan semangat dengan niat dalam rangka syiar dan membesarkan Muhammadiyah," kata Sofyan, yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Panitia penyelenggara akan menurunkan 850 sukarelawan di semua tempat pelaksanaan muktamar guna mewujudkan muktamar yang bersih.

Firmansyah, salah satu koordinator sukarelawan Muktamar Bersih, mengatakan bahwa sukarelawan meliputi mahasiswa dan pelajar.

"Sukarelawan kami berasal dari organisasi kemahasiswaan UMS, antara lain Hizbul Wathan, Racana. Bahkan ada juga dari SMA/SMK Muhammadiyah yang turut ambil bagian," katanya.

Firmansyah mengimbau peserta maupun penggembira muktamar mendukung upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan mengepres sampah sebelum menaruhnya ke tempat sampah.

"Semua sampah yang dibuang harapannya dipres agar volume lebih kecil dan tempat sampah bisa menampung lebih banyak," katanya. 

​​​​​Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah berlangsung 18 sampai 20 November 2022 di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga:
Wapres berharap Muktamar ke-48 Muhammadiyah lahirkan program SDM unggul
Aisyiyah siap tampung kader muda untuk perkuat dakwah

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022