Jakarta (ANTARA) - Pada salah satu adegan di sitkom "The Office", karakter Michael (Steve Carell) bermonolog tentang kondisi mental dirinya setelah tiga kali menjalani vasektomi atas suruhan kekasihnya yang terus berubah pikiran urusan anak.

Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang memotong atau mengikat saluran sperma sehingga air mani saat ejakulasi tidak mengandung sperma.

Setelah menjalani prosedur vasektomi, apakah seorang laki-laki bisa membuka lagi saluran sperma yang dipotong atau diikat? Proses yang disebut rekanalisasi itu bisa dilakukan, bahkan berkali-kali.

Baca juga: Singa lahir di Chile setelah menjalani vasektomi

Spesialis urologi dr. Andika Afriansyah, Sp.U mengatakan sebetulnya tidak ada batasan untuk rekanalisasi ulang setelah vasektomi.

"Namun, tingkat keberhasilan akan terus menurun untuk pengulangan rekanalisasi yang telah terjadi dan ada kemungkinan gagal jika dilakukan terus menerus," kata Andika kepada ANTARA, Jumat.

Ia menjelaskan setelah operasi ada kemungkinan terjadi kerusakan bila rekanalisasi dilakukan berulang kali. Kerusakan tersebut bisa meliputi timbulnya bekas parut pada skrotum, sehingga operasi rekanalisasi berikutnya jadi semakin sulit.

Selain itu, rekanalisasi berulang kali juga meningkatkan risiko pascaoperasi yang dapat terjadi.

"Lamanya waktu setelah dilakukan vasektomi untuk rekanalisasi ulang juga mempengaruhi tingkat keberhasilan kesuburan laki-laki," jelas Andika.

Jika rekanalisasi dilakukan setelah operasi vasektomi sudah lama berlalu, maka tingkat keberhasilannya akan semakin kecil.

Dengan melakukan vasektomi, seseorang tidak perlu mengambil langkah-langkah pengendalian kelahiran sebelum berhubungan seks, misalnya memakai kondom.

Pria yang bisa menjalani vasektomi setidaknya harus berusia lebih dari 25 tahun, usia di mana kondisi dianggap optimal. Namun, tidak ada angka usia maksimal untuk prosedur vasektomi.

Vasektomi sebaiknya tidak dilakukan oleh pria yang belum memiliki keturunan, usia muda di bawah 30 tahun, memiliki penyakit berat, tidak memiliki pasangan, dan punya keluhan nyeri pada skrotum.

Baca juga: Vasektomi cara efektif cegah kehamilan

Baca juga: Suruh Mick Jagger vasektomi, Keith Richards minta maaf 

Baca juga: Spesialis Urologi: Partisipasi pria dalam program KB masih rendah

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022