Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Jumat, setelah penurunan dua hari berturut-turut, karena investor membeli saham penambang yang terpukul, meskipun kenaikannya dibatasi oleh komentar hawkish dari lebih banyak pejabat Federal Reserve AS.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,4 persen pada pukul 08.13 GMT, dengan saham sumber daya dasar menguat 1,1 persen setelah jatuh lebih dari 3,0 persen dalam dua sesi terakhir.

Sektor perbankan naik 0,3 persen karena Bank Sentral Eropa bersiap untuk memulai penarikan uang tunai terbesar dari sistem perbankan zona euro dalam sejarahnya, dengan bank diperkirakan akan membayar sekitar 500 miliar euro dalam pinjaman TLTRO (operasi refinancing jangka panjang yang ditargetkan). Pengumuman ECB diperkirakan pada pukul 1105 GMT.

Saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga turun 0,6 persen setelah Presiden Fed St. Louis James Bullard mengatakan suku bunga mungkin perlu mencapai antara 5,00 persen dan 5,25 persen dari level saat ini sedikit di bawah 4,00 persen agar "cukup restriktif" untuk mengekang inflasi.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi terangkat ekuitas Jerman

Baca juga: Indeks Eropa dibuka turun, ledakan di Polandia angkat saham pertahanan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022