Jambi (ANTARA) - Seluruh program studi (prodi) dan laboratorium di Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jambi (Unja ) berhasil meraih sertifikasi International Standardization Organization (ISO).

“Ucapan terima kasih saya kepada rektor Unja dan jajaran atas dukungan dan fasilitas yang diberikan. Semoga Fakultas Pertanian mampu memberikan layanan prima. Dengan adanya sertifikat ISO, fakultas siap menuju akreditasi internasional,” kata Dekan Faperta Unja Prof. Suandi, di Jambi, Jumat.

Raihan sertifikasi internasional ini, kata dia, didasarkan pada Sertifikat SNI ISO 21001/2018 dengan nomor EGS-21100004 berlaku mulai 19 Oktober 2022 hingga 18 Oktober 2025 dan Sertifikat SNI ISO 9001:2005 dengan nomor EGS-09100138 berlaku mulai 20 Oktober 2022 hingga 19 Oktober 2025.

Baca juga: Konjen Jepang-Unja jalin kerja sama penelitian dan pendidikan

Terdapat lima prodi dan 21 laboratorium di Faperta Unja yang mendapatkan standar ISO tersebut, antara lain prodi S1 yakni agroteknologi, agribisnis, teknologi hasil pertanian, teknologi industri pertanian, dan teknik pertanian, serta 16 laboratorium sains pertanian dan lima laboratorium sosial dan ekonomi pertanian.

"Kami bersyukur bisa meraih ini (sertifikasi internasional) mudah-mudahan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang kami berikan sehingga dapat melahirkan lulusan pertanian yang memiliki kompetensi tinggi," katanya.

Sertifikat ISO yang diraih untuk semua prodi S1 dan semua laboratorium di Fakultas Pertanian menjadi prestasi membanggakan bagi Unja sebab Faperta Unja ini menjadi fakultas pertama yang mendapat sertifikasi ISO prodi bersamaan dengan ISO laboratorium.

Baca juga: Sembilan Program Studi FEB Universitas Jambi raih serifikat ISO

Sebelumnya beberapa fakultas di Unja mendapat sertifikasi ISO di antaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

FKIP bahkan resmi mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015. Kepastian didapat setelah mengikuti proses resertifikasi 30-31 Agustus 2022 . Resertifikasi ini adalah kali kedua yang didapat sejak pertama mendapat sertifikasi ISO 9001:2008 pada 2017.

Resertifikasi pertama dilakukan pada 2019. Saat itu Badan Sertifikasi ISO merekomendasikan FKIP Unja menggunakan ISO kembali dengan upgrading ke ISO 9001:2015. Resertifikasi kedua mencakup bidang layanan akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, keuangan, UBMN, laboratorium komputer, serta perpustakaan.

Baca juga: Prodi Kimia Unja menuju akreditasi internasional

Sertifikasi ISO ini diharapkan bisa konsisten dilaksanakan. Keteraturan standar ISO perlahan mulai tersebar di setiap unit sehingga mewujudkan keseragaman keteraturan di setiap sudut Unja. Sedikit demi sedikit eteraturan yang terstandarisasi (ISO) menyebar dan mewujud di setiap unit, sehingga akhirnya "keseragaman keteraturan" akan terimplementasikan di setiap sudut Unja.
 

Pewarta: Tuyani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022