Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) mengemukakan Provinsi Lampung harus mengembangkan beragam potensi perikanan di daerah itu guna mendukung peningkatan konsumsi makan ikan di masyarakat.

“Sumber daya manusia yang tangguh dan unggul didapatkan dengan mengkonsumsi protein ikan yang cukup, masyarakat Lampung diharapkan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan mampu berdaya saing dengan terus mengonsumsi ikan,” ujar Plt Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Ishartini di Bandarlampung, Jumat.

Baca juga: KKP latih SDM guna tingkatkan konsumsi ikan Lampung

Ia mengatakan dengan potensi kelautan yang melimpah pihaknya mendorong Lampung untuk mengembangkan beragam jenis produk perikanan.

“Kalau potensi Lampung ini cukup banyak, bisa dikembangkan juga selain ikan, udang, rajungan. Seperti rumput laut bisa diolah menjadi agar-agar dan makanan untuk anak-anak, sehingga konsumsi makan ikan juga meningkat dengan ragam jenis produk perikanan,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya akan mendukung pengembangan beragam potensi kelautan dan perikanan di Lampung untuk meningkatkan perekonomian serta pemenuhan konsumsi makan ikan di daerah.

“Membangkitkan kesadaran pentingnya makan ikan untuk membentuk generasi bangsa yang sehat, kuat dan cerdas ini penting dilakukan. Ragam hasil perikanan bisa diolah dengan berbagai cara ini harus ditanamkan kepada masyarakat,” tambahnya.

Baca juga: Ekspor perikanan Lampung pada 2021 bertumbuh

Baca juga: Nilai ekspor sektor perikanan Lampung capai Rp2,3 triliun


Dia mengatakan dengan pemaksimalan ragam potensi kelautan dan perikanan yang selaras dengan konsumsi makan ikan yang tinggi dapat mempercepat  pengentasan stunting.

“Pengentasan stunting juga berkaitan erat dengan pemenuhan gizi dan bisa dilakukan melalui peningkatan potensi kelautan yang ada di daerah menjadi produk-produk turunan, serta membangkitkan semangat orang tua untuk membeli ikan dan dikonsumsi di rumah,” ucapnya.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022