Mamuju (ANTARA) - Jalur trans Sulawesi di Desa Onang Utara Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tertimbun longsor setelah hujan deras melanda wilayah itu.

Jalur trans Sulawesi di Desa Onang Utara tertimbun longsor setelah hujan deras terjadi sejak Jumat dini hari sekitar pukul 04,00 WITA.

Aparat kepolisian setempat juga telah melakukan penutupan jalan yang tertimbun longsor tersebut, untuk mencegah masyarakat tetap melintasi jalur itu, karena dianggap cukup berbahaya.

"Material longsor masih terus berjatuhan dari atas gunung dan untuk mencegah masyarakat tetap memaksakan diri melintas, maka jalur trans Sulawesi di Desa Onang ditutup sementara oleh kepolisian, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan," kata anggota Satlantas Polres Majene, Bripda Rahmatullah.

Baca juga: Kementerian PUPR buka jalan Trans Sulawesi Majene-Mamuju pascalongsor

Baca juga: Polda Sulbar imbau warga tunda lewati trans Sulawesi karena longsor


Ia mengatakan pemerintah telah diminta untuk turun ke lokasi untuk menyingkirkan material longsor yang menutup jalan dan personil kepolisian tetap berjaga dilokasi.

"Kepolisian tetap bersiaga untuk membantu masyarakat sekitar yang terhalang akibat jalur trans Sulawesi yang ditutup, dan akan berupaya membantu pemerintah dalam upaya membersihkan material longsor," katanya.

Selain di jalur trans Sulawesi Desa Onang Utara, jalur trans Sulawesi di dusun Sumakuyu Desa Onang Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene juga tertutup longsor.

Sementara di Dusun Lembang Desa Limbua Kecamatan Sendana Kabupaten Majene juga tidak bisa dilalui akibat banyak pohon tumbang akibat angin kencang.

Kendaraan dari arah Utara kota Mamuju dan arah selatan Kota Majene yang tidak bisa melintasi jalur trans Sulawesi yang ditutup longsor dan pohon tumbang tersebut, mengalami kemacetan panjang kendaraan.

Sementara di wilayah Kecamatan Malunda Kabupaten Majene jalur trans Sulawesi juga terendam banjir, serta merendam fasilitas pemerintah dan pemukiman warga.
Jalur trans Sulawesi di Kecamatan Malunda Kabupaten Majene terendam banjir sehingga tidak bisa dilalui kendaraan dari kota Mamuju ibukota Sulbar dan dari arah kota Majene, Jumat (18/11/2022). ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi


"Jalur trans Sulawesi yang melintas di wilayah Kecamatan Malunda juga sulit dilalui kendaraan karena jalur trans Sulawesi tersebut direndam banjir," kata Iccang salah seorang warga.*

Baca juga: Longsor kembali tutup trans Sulawesi di Majene

Baca juga: Longsor tutup jalan Trans Sulawesi di Majene-Sulbar

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022