Pekerja rentan adalah warga negara Indonesia yang bekerja di luar hubungan kerja (LHK) atau berusaha di sektor informal, di mana penghasilan yang diterima cenderung fluktuatif atau tidak menentu.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan swasta yang peduli dengan pekerja rentan terus bertambah seiring imbauan pemerintah melalui Wakil Presiden Ma'ruf Amin melalui Pencanangan Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan melalui BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir dalam keterangannya di Jakarta, Jumat menyebut berkolaborasi dengan PT Juali Teknologi Indonesia (Kitabeli) melindungi 660 pekerja rentan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan.

Pekerja rentan adalah warga negara Indonesia yang bekerja di luar hubungan kerja (LHK) atau berusaha di sektor informal, di mana penghasilan yang diterima cenderung fluktuatif atau tidak menentu.

Pekerja rentan juga berisiko cukup tinggi, namun seringkali mereka belum menjadikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai prioritas utama karena alasan ekonomi.

BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir menyerahkan piagam penghargaan kepada PT. Juali Teknologi Indonesia yang telah melindungi 660 pekerja rentan melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Chairul Arianto, Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir menyatakan apresiasi kepada Kitabeli karena peduli kepada para pekerja rentan. "Kami berharap para pekerja rentan tersebut merasa aman dan nyaman dalam bekerja."

BPJAMSOSTEK tidak berhenti di sini saja, kata Chairul, ke depan akan terus mengajak seluruh perusahaan maupun lembaga untuk ikut serta melindungi pekerja rentan sehingga cakupan universal (universal coverage) jamsostek tercapai.

Dea Natasya selaku HR Operations Supervisor Kitabeli menyatakan penghargaannya. "Semoga kami nanti bisa menambah kepesertaan pekerja rentan, mengingat kondisi ekonomi saat ini dan pekerja rentan yang terus meningkat.”

Turut hadiri dalam acara tersebut Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus Nur Ali dan perwakilan dari karyawan BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir.

Sebelumnya The Langham Jakarta Hotel mendaftarkan 1.500 pekerja rentan ke BPJAMSOSTEK, lalu UPL Indonesia menargetkan kepesertaan 10.000 pekerja rentan yang berprofesi sebagai petani.

BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir juga menginformasikan bahwa peserta dapat mengajukan klaim JHT secara online melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) atau mengakses www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau menghubungi Call Center 175 terkait program dan manfaat BPJAMSOSTEK.*
Baca juga: BPJAMSOSTEK dorong perusahaan di Kalteng lindungi pekerja rentan
Baca juga: Sebanyak 1.500 pekerja rentan dibantu swasta jadi peserta jamsostek
Baca juga: Swasta daftarkan 3.000 pekerja rentan ke BPJAMSOSTEK

 

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022