Jakarta (ANTARA) - Indonesia yang diwakili Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terpilih kembali menjadi Dewan Eksekutif World Association of Industrial Technology and Research Organizations (WAITRO) untuk Asia Pasifik.

Theresia Ningsi Astuti dari BRIN terpilih sebagai Dewan Eksekutif WAITRO untuk Perwakilan Regional Wilayah Asia Pasifik periode 2021-2022, dan kembali terpilih untuk periode 2023-2024. Theresia mendapat 100 persen suara saat pemilihan.

"Saya merasa betapa pentingnya BRIN masuk dalam keanggotaan dan kepemimpinan WAITRO untuk memanfaatkan program/kegiatan yang ada guna mendorong tumbuhnya hubungan kerja sama pada level global,” kata Theresia dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Baca juga: BRIN: Presidensi G20 Indonesia tingkatkan semangat kolaborasi global

Baca juga: BRIN buka lowongan 500 ASN setiap tahun


Theresia mengatakan WAITRO merupakan wadah bagi para peneliti untuk dapat mencari peluang kerja sama penelitian, alih teknologi, pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM), akses pendanaan, dan berbagai penghargaan lainnya.

“Semoga dengan terpilihnya kembali saya pada posisi Dewan Eksekutif WAITRO pada periode 2023-2024 ini akan dapat meneruskan visi misi dan tidak hanya memberikan manfaat untuk BRIN saja, tetapi juga membawa negara-negara anggota WAITRO di wilayah Asia Pasifik ke level global," ujarnya.

Menurut dia, kolaborasi adalah kunci keberhasilan untuk saling memperkuat kapasitas antar-negara anggota WAITRO.

Dalam satu tahun terakhir, BRIN berpartisipasi aktif dalam kegiatan WAITRO, antara lain sebagai pemenang WAITRO Innovation Award, mengirimkan beberapa pembicara ahli dalam berbagai lokakarya, dan menjadi tuan rumah rapat dewan yang ke-90.

Baca juga: BRIN dorong audit teknologi perkuat inovasi dan daya saing nasional

BRIN juga berpartisipasi dalam WAITRO Summit 2022 dengan tujuh poster hasil riset peneliti BRIN yang dipamerkan dalam acara tersebut.

Salah satu poster hasil riset peneliti BRIN terpilih sebagai poster ketujuh terbaik (honourable mention) dari 48 poster yang dipamerkan.

Di WAITRO Summit 2022, tim yang beranggotakan tiga peneliti dan tiga SDM manajemen BRIN mempromosikan program postdoctoral dan visiting researcher/professoship yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota WAITRO, sehingga mendorong mobilisasi peneliti dalam melakukan kerja sama dengan mitra-mitra global untuk menghasilkan penelitian berkualitas dan berdampak.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022