Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menekankan pentingnya meningkatkan imunitas dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Perilaku hidup sehat dan kebugaran tubuh sangat diperlukan guna meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto dihubungi di Jakarta, Jumat.

Agus mengatakan dalam bidang kesehatan masyarakat, status kesehatan dapat dipengaruhi oleh empat faktor.

"Antara lain lingkungan, pelayanan kesehatan, perilaku dan keturunan atau karakteristik biomedisnya. Keempat faktor tersebut sangat dinamis besaran pengaruhnya," katanya.

Baca juga: Dokter: Imunitas anak lebih rentan di musim hujan

Baca juga: Dokter Paru: Tingkatkan imunitas dengan perilaku hidup sehat


Agus menambahkan, daya tahan tubuh perlu makin ditingkatkan terutama saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Pada musim hujan dengan tingkat kelembapan tinggi, sebagian besar virus dan bakteri akan lebih tahan lama hidup dan lebih mudah berkembang biak dimana saja. Tidak hanya di udara atau permukaan benda tetapi dapat melalui vektor atau pembawa, misal nyamuk, tikus, kucing, lalat, dan lainnya," katanya.

Karena itulah, kata dia, peran imunitas atau kekebalan, perilaku hidup bersih dan sehat serta kebugaran tubuh, makin sangat diperlukan.

"Tubuh manusia sebenarnya sudah diciptakan sangat komplek dan sempurna oleh Tuhan, karena sudah ada sistem imunitas yang luar biasa. Tetapi bila paparan sangat tinggi dan kondisi badan melemah maka sistem imunitas bisa menurun," katanya.

Karena itu, masyarakat disarankan untuk menjaga stamina dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat guna membantu imunitas tubuh agar tetap dapat melawan virus dan bakteri.

"Termasuk juga untuk mencegah COVID-19 yang tren kasusnya sedang mengalami peningkatan," katanya.

Upaya menjaga imunitas agar tetap baik, kata dia, dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

"Nutrisi berimbang ini sangat penting, cukupi kebutuhan buah dan sayur serta cukup istirahat," katanya.

Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk melengkapi diri dengan vaksinasi serta menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas meliputi tujuh langkah, yakni melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.*

Baca juga: Dokter: Jaga imun anak dengan tiga unsur penting pertahanan tubuh

Baca juga: Dokter: Waspadai penyakit yang bisa serang anak saat musim hujan

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022