Jakarta (ANTARA) - Indonesia memastikan satu medali emas dari kategori kata beregu putra pada kejuaraan internasional WKF Karate 1 Series A yang diselenggarakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Final kata beregu putra pada Minggu (20/11) bakal mempertemukan tim Pelatda DKI Jakarta dan tim nasional karate Indonesia. DKI Jakarta diperkuat Mohammad Zidane Bhagaskara, La Ode Andinudin dan Chandra Nevo, sedangkan tim pelatnas terdiri atas Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi.

“Jadi nanti adalah all Indonesian final. Kami mengamankan medali emas dan peraknya karena sama sama Indonesia hanya beda tim saja. Kami tim DKI Jakarta, tapi kalau lawan kami tim nasional resmi Indonesianya. Kami Pelatda," kata Zidane dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Jujur kami ingin membuktikan karena di PON Papua kami kalah melawan mereka. Kami mendapat perak dan mereka mendapat emas. Dan tentunya ada misi balas dendam tersendiri untuk meraih medali emas," kata dia menambahkan.

Baca juga: Indonesia hanya bidik satu emas pada Karate 1 Series A Jakarta

Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB FORKI) sebelumnya menargetkan hanya satu medali emas dari kejuaraan Karate 1 Series A seri penutup itu. Selebihnya, ajang tersebut diharapkan bisa menjadi tolok ukur guna melihat kemampuan para karateka Indonesia ketika diadu di pentas level internasional.

Ajang itu memang menjadi kesempatan emas bagi karateka dari berbagai perguruan, dojo maupun klub di seluruh Tanah Air untuk merasakan atmosfer persaingan dunia apalagi ini merupakan pertama kalinya Indonesia bisa kembali menggelar kejuaraan level internasional setelah delapan tahun. Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah turnamen Karate 1 Premier League pada 2014 silam di Jakarta.

Karate 1 Series A diikuti sekitar 670 peserta dari 65 negara, termasuk 120 atlet dari berbagai klub, dojo, dan perguruan karate di Indonesia. Namun ajang tersebut dibatasi hanya bagi karateka yang menempati posisi di luar peringkat 32 besar dunia dalam ranking Federasi Karate Dunia (WKF).

Karate 1 Series A musim kompetisi 2022 sebelumnya telah digelar di tiga kota lain, yaitu Pamplona (Spanyol), Kairo (Mesir), dan Kocaeli (Turki). Seri Jakarta merupakan seri penutup sekaligus kesempatan terakhir untuk para karateka mengumpulkan poin dan mendongkrak posisi mereka dalam daftar peringkat dunia WKF.

Baca juga: Karate 1 Series A Jakarta persiapan Indonesia ke Kejuaraan Asia 2022
Baca juga: Karate 1 Series A Jakarta momen atlet tingkatkan kualitas

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022